BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Pesta Rakyat Akan Warnai Prosesi Penabalan Sultan Kutai Kartanegara

date_range 13 Desember 2018 | Oleh : Medsi06
Pesta Rakyat Akan Warnai Prosesi Penabalan Sultan Kutai Kartanegara

FOTO

TENGGARONG – Persiapan prosesi Penabalan atau Penobatan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat (Putra Mahkota) Pewaris Tahta Kesultanan Kutai sudah hampir mendekati seratus persen, dari persiapan prosesi acara adat sampai pesta rakyat dan festival budaya.
 
“Kita rapat hari ini untuk melakukan finalisasi acara prosesi penabalan sultan yang akan dibarengi dengan pesta rakyat berupa makan gratis 4000 ribu porsi dan festival budaya yang akan menampilkan 6 kelompok seni dan 3 paguyuban,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar Sri Wahyuni pada saat memimpin rapat persiapan prosesi penabalan Sultan Kutai Kartanegara, Di Bappeda Lantai 2, Rabu (12/12/18).
 
Lebih lanjut katanya selain penampilan kelompok seni dan paguyuban dari Kukar, pada festival budaya malam harinya di halaman Kedaton Kutai Kartanegara juga akan diisi dari Taman Budaya Samarinda, Tim kesenian dari Penajam Paser Utara, Kota Bontang, Kutai Barat dan lainnya.
 
Sri menegaskan juga kepada seksi pendampingan benda pusaka yaitu Ketopong (mahkota) dan pedang emas yang dibawa oleh tim dari Museum Nasional Jakarta agar bisa melakukan pengawalan dan penjemputan tepat waktu dari bandara APT Pranoto Samarinda untuk dibawa ke Kedaton tempat acara Beluluh Sultan pada, Jumat (14/12/18).
 
“Kami harap semua persiapan yang kita lakukan ini bisa berjalan lancar sesuai dengan tugas semua seksi termasuk dari pihak keamananan dan lalulintas dalam prosesi penabalan sultan ini,” ujarnya.
 
Sementara Menteri Kelestarian Nilai Adat Kesultanan Kutai, Aji Pangeran Haryo Kusumo Puger mengatakan pihak sudah mempersiapkan semua keperluan untuk prosesi penabalan sultan termasuk persiapan untuk para undangan yang rencananya akan ada 10 raja dari nusantara telah menyatakan hadir pada prosesi penobatan sultan Kutai.
 
“Untuk para tamu undangan kesultanan dari kerajaan akan dijemput memakai bus dan diturunkan didepan Pasar Seni Tenggarong, disana akan disambut pihak keraton bersama para prajurit yang akan diarak menuju  Keraton tempat acara,” ujarnya.
 
Ia menambahkan acara penabalan Sultan akan diawali dengan Beluluh pada hari jumat (14/12/18), dan pada saat peralatan prosesi penabalan Sultan datang dari Jakarta akan segera dibawa ke Keraton terlebih dahulu sebelum diamankan di bank BRI untuk pengamanan.
 
Sedangkan untuk acara penabalan sultan pada sabtu (15/12/18) akan dilaksanakan pukul 08.00 hingga 16.00. Kegiatan diawali dengan mendirikan Tiang Ayu, dilanjutkan prosesi penabalan, lalu Sultan keluar untuk mengucap sumpah sembari mengangkat keris. Setelahnya, Sultan keluar menemui rakyatnya untuk mengajak makan bersama (beseprah) atau menggelar pesta rakyat. Pada sore jam 16.00, prosesi ditutup dengan merebahkan Tiang Ayu.

Terkait

BERITA Lainnya