BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Berinovasi Cara Desa Untuk Lebih Mandiri

date_range 02 November 2018 | Oleh : Medsi03
Berinovasi Cara Desa Untuk Lebih Mandiri

FOTO Suasana bursa inovasi Desa.

TENGGARONG -Sebuah Desa memiliki potensi tersendiri untuk dikembangkan dengan berbagai inovasi baru agar geliat pembangunan dan pemberdayaan di desa  dapat berkembang pesat.  Hal itu dikatakan sekertaris Satker Inovasi Kabupaten Atih pada acara bursa Inovasi desa, Selasa (30/10) di lapangan Tenis komplek perkantoran DPRD Kukar.

Atih mengatakan bahwa Program Inovasi Desa (PID) ini dimaksudkan untuk mendukung penggunaan dana desa yang berkualitas, efektif, dan efisien. Ada Beberapa agenda yang akan dilakukan dalam PID salah satunya penguatan kewirausahaan yang diprakarsai oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menemukan formulasi produk unggulan dan berbagai peningkatan ekonomi desa lainnya.

Selain itu PID akan mendorong peningkatan kapasitas produksi warga pedesaan dalam jangka pendek maupun panjang. Peningkatan SDM bukan hanya diukur dari peningkatan pendapatan saja melainkan juga mendorong terjadinya pengurangan beban biaya. Peningkatan kualitas SDM juga bakal mendorong warga desa lebih aktif meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan dasar dalam penyelenggaraan pembangunan desa. “Ini kan sangat membantu bagi masyarakat yang melakukan kegiatan usaha," kata Atih. 

Konsentrasi PID juga pada pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan yang berhubungan langsung dengan peningkatan perekonomian desa seperti jalan, embung, jembatan dan berbagai infratsruktur yang akan mendongkrak mobilitas ekonomi warga desa. Pemenuhan infrastruktur juga dimaksudkan untuk  meningkatkan kedekatan hubungan sosial masyarakat.

Menurutnya kegiatan utama PID adalah melaksanakan forum Bursa Inivasi Desa (BID) di tingkat kabupaten. Forum ini menjadi sarana paling penting dalam pertukaran ide inovasi pembangunan yang ada di desa. Peserta BID adalah desa-desa yang terdiri dari aparatur desa, perwakilan BPD, dan perwakilan tokoh masyarakat. “Di forum BID  masing-masing desa juga dapat memamerkan keberhasilan program pembangunan yang sudah dilakukan desanya,” kata Atih.Atih berharap melalui PID dapat mendorong desa menjadi lebih kreatif dan inovatif sehingga bisa mendorong ekonomi lokal melalui penguasaan teknologi dan berbagai pendekatan modern untuk mempercepat pembangunan desa mewujudkan kesejahteraan masyarakat. (yuliati- medsi03)*

 

Terkait

BERITA Lainnya