BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Mochfizar Pimpin Apel Peringatan Sumpah Pemuda ke-90 di Sebulu Ilir

date_range 30 Oktober 2018 | Oleh : Medsi01
Mochfizar Pimpin Apel Peringatan Sumpah Pemuda ke-90 di Sebulu Ilir

FOTO Mochfizar Pimpin Apel Peringatan Sumpah Pemuda.

TENGGARONG -Camat Sebulu, Kutai Kartanegara (Kukar) Mochfizar bertindak selaku inspektur upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018. Peringatan yang digagas oleh Purna Paskibraka Kecamatan Sebulu tersebut bertemakan “Bangun Pemuda, Satukan Indonesia”, berlangsung di Lapangan Seba Guna Sebulu Ilir, Kecamatan Sebulu, Senin (29/10/2018). Dalam sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dibacakan oleh Camat Sebulu Mochfizar mengatakan hari ini seluruh rakyat Indonesia  memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018.  

Menurutnya generasi saat ini telah berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia.  

Lebih lanjut dikatakannya, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.  

Revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi mental harus dapat dijadikan sebagi pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.  

Imam Nahrawi dalam sambutannya juga mengatakan pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di kancah asia. Perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa Asia, dan berhasil menduduki peringkat ke-4, serta di ajang Asian Para Games para atlet Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-5. Ini adalah sejarah baru kebangkitan olaharaga Indonesia. Serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi diberbagai bidangnya. Peringatan hari Sumpah Pemuda diakhir dengan pembagian hadiah bagi pemenang lomba nyanyi solo dan lagu-lagu perjuangan. (Medsi01)

Terkait