BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Peringati Hari Jantung Sedunia, Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

date_range 09 Oktober 2018 | Oleh : Medsi04
Peringati Hari Jantung Sedunia, Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

FOTO Penyerahan Hadiah Doorprise

TENGGARONG –Masyarakat berbondong-bondong memadati halaman Parkir Planetarium Jagad Raya Tenggarong, guna menghadiri acara puncak peringatan Hari Jantung Sedunia yang di gelar oleh Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kutai Kartanegara, Minggu (7/10). Menurut ketua panitia pelaksana Lilis Mardiana mengatakan, dalam rangka memperingati dan menyemarakan Peringatan Hari Jantung Sedunia di Kutai Kartanegara, pihak panitia pelaksana menggelar berbagai macam kegiatan diantaranya senam jantung, serta pemeriksaan kesehatan secara gratis berupa pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, asam urat, donor darah bekerjasama dengan dr JN Adam, Kodim 0906 Tenggarong, PMI Kukar,  PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kukar serta  sosialisasi penyakit jantung oleh dr Miftah. 

Kegiatan ini ditandai juga dengan pembagian doorprize  berupa sembako dan aneka barang elektronik yang merupakan sumbangan dari beberapa donatur sehingga membuat suasana peringatan Hari Jantung Sehat Sedunia di Kukar tambah semarak. Lilis juga menambahkan Peringatan Hari Jantung di Kukar tidak hanya dihadiri oleh pengurus dan anggota club jantung di Tenggarong saja, namun diikuti oleh beberapa club jantung yang ada di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Sebulu, Muara Kaman, Tenggarong Seberang dan Kecamatan Loa Kulu. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh sponsor maupun yang telah ikut bagian dalam kegiatan ini, tambahnya.  

Sementera itu, Ketua YJI  Cabang Kutai Kartanegara Abdul Rasyid mengatakan penyakit jantung dan pembuluh darah  Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) kini menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia bahkan di dunia. Hampir 17,5 juta jiwa meninggal setiap tahunnya akibat penyakit tersebut. Itu sebabnya, setiap 29 September dunia memeringati Hari Kesehatan Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD), sebagai momentum untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya hidup sehat sebagai upaya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.  Oleh karena itu, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kukar selalu berupaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.  

Abdul Rasyid juga mengucapkan terima kasih dan sangat mengapriasi antusias masyarakat yang ikut hadir menyemarakan kegiatan ini. Dan ini membuktikan masyarakat Kukar sangat peduli akan kesehatannya. Semoga  acara yang di gelar pada hari ini mendatangkan manfaat pada masyarakat Kutai Kartanegara khususnya yang punya riwayat jantung sekaligus mampu meminimalisir angka penyakit jantung,salah satunya dengan giat berolahraga serta menjaga pola makan. Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat Kota Tenggarong dan sekitarnya bisa ikut aktif berolahraga senam jantung sehat yang dilaksanakan oleh jajaran pengururs YJI cabang Kukar setiap Minggu pagi ( 6.30 )  dan rabu sore ( 16.30 )  di halaman parkir Planetarium Kota Tenggarong. Mencegah lebih baik daripada mengobati, imbuh Abdul Rasyid. (Medsi 04 / Betty).

 

Terkait