Bupati Kukar Ngapeh Hambat Bahas Implementasi Smart City

Penulis: Admin
Bupati Kukar Ngapeh Hambat Bahas Implementasi Smart City

Diskominfo Kukar Kamis tadi pagi (2/12/21) menggelar Ngapeh Hambat (coffee morning) dengan menghadirkan Bupati Kukar Edi Damansyah, beberapa komunitas IT dan seni serta Kepala OPD yang menjadi leading sector dalam implementasi smart city Kukar. Kegiatan berlangsung santai dan dialogis di halaman depan Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kukar di Jalan Pahlawan 1 di kawasan Bukit Biru, Tenggarong.

Ngapeh hambat tersebut bertujuan untuk meningkatkan sinergitas untuk mengoptimalkan pelayan publik, meningkatkan kinerja pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Kukar yang berdaya saing agar program smart city bisa terwujud terutama untuk menghadapi era society 5.0 dan era industri 4.0.

Dalam acara tersebut terjadi dialog antara Bupati Kukar Edi Damansyah, Muhammad Fadli dari kalangangan akademisi, dan Ketua Komunitas TIK Terang Tanah Kukar Reza Wardana. Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi Kadis Diskominfo kukar dan jajarannya dalam mewujudkan masterplan kota pintar (smart city) di Kabupaten kukar.

Disampaikan oleh Bupati Kukar bahwa program smart city merupakan energi informasi dan teknologi untuk mengoptimalisasi pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian masalah bisa diantisipasi secara real time dan masyarakat dapat berkomunikasi dan merasakan kemudahan dalam melakukan kegiatan sehingga merasa ada kedekatan dengan pemerintah.

Bupati Kukar meminta agar seluruh OPD di Kukar jangan lagi membuat aplikasi sendiri. Ditekankan bahwa Diskominfo Kukarmerupakan sentral aplikasi di daerah yang terintegrasi. Dengan demikian akan mempermudah mewujudkan Program Satu Data Indonesia dan agar sistem bisa terbangun dengan baik.

Kadis Kominfo Kukar Dafip Haryanto dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Ngapeh Hambat yang dilakukan Diskominfo untuk mewujudkan smart city di kabupaten Kukar. Ditekankan oleh Kadis Kominfo bahwa untuk meraih hal tersebut diperlukan kerjasama dan sinergitas semua pihak yang terkait.

Diskominfo Kukar terus berupaya mewujudkan Program Smart City di Kabupaten Kutai Kartanegara. Langkah konkrit yang telah diwujudkan adalah telah diselesaikannya rumusan Masterplan Smart City tahap ke IV di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Kukar.

Hadir dalam Ngapeh Hambat tersebut beberapa Kepala OPD yang menjadi leading sector dari beberapa pilar Smart City seperti Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai leading sector untuk pilar Smart Society, Kepala Dinas Perkebunan (Smart Economy), Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Smart Living), Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Smart Environment), Kepala Bappeda (Smart Governance), Kepala Dinas Pariwisata (Smart Branding). Hadir juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kepala Bapenda, Kepala Litbang, Kepala BKPSDM.

Hadir dari kalangan komunitas adalah komunitas TIKKabupaten Kukar, Komite Ekonomi Kreatif, Komunitas Terang Tanah, Komunitas Jamming Musik Odah Etam, Komunitas Olah Gubang, Komunitas Distorsi Borneo, Komunitas ahabat Pulau, dan Tenaga Ahli Programmer dan Jaringan Diskominfo Kukar.

Berita Lainnya