Bupati Kukar "Ngapeh" Dengan Petani Melenial Desa Bendang Raya

Penulis: Admin
Bupati Kukar "Ngapeh" Dengan Petani Melenial Desa Bendang Raya

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah hari ini, Selasa siang (30/11/21) "ngapeh" dengan petani milenial Desa Bendang Raya, Kecamatan Tenggarong. Hadir dalam bincang santai penuh keakraban tersebut para petani millenial Juari, Rido matir, Ardiansyah, dan Mujianto dan kalangan muda Desa Bendang Raya.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa silaturahmi dengan para petani milenial menjadi momentum penting untuk menyebarluaskan informasi tentang program petani milenial di Kabupaten Kukar. Program petani millenial bertujuan untuk mendayagunakan potensi pembangunan pertanian khususnya dikalangan generasi muda.

"Petani Milenial Merupakan Energi Baru bagi Pembangunan Pertanian. Sektor pertanian merupakan bidang pembangunan andalan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sektor pertanian ini menjadi bidang utama mata pencaharian masyarakat Desa Bendang Raya dengan potensi sumber daya yang menonjol,” ungkap Bupati.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan bahwa silaturahmi ini dapat memberikan semangat baru dan motivasi bagi para petani, terutama kalangan muda milenial. Bupati Kukar berharap silaturahmi ini dapat mendorong dan menumbuhkan minat menjadi petani milenial dalam menyerap informasi dan berbagi pengalaman, dan pengembangan jejaring kerjasama usaha tani. Dari hal itu diharapkan dapat mewujudkan petani yang kompeten serta tercapainya swasembada pangan di Kabupaten Kukar.

“Dengan petani milenial ini kita pertama akan mengajak kepada kaula muda untuk mau bertani. Pengertian bertani secara luas itu bisa dimaknakan sebagai berkebun dan juga beternak dan lain sebagainya,” ujar Bupati Kukar.

Untuk memberikan dukungan pengembangan petani milenial, Bupati Kukar mengingatkan pentingnya kerjasama dengan semua pihak. Untuk itu diharapkan pihak pemerintahan desa/kelurahan, kecamatan dan dinas terkait untuk mengubah lahan tidur yang tidak produktif menjadi produktif, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan didampingi oleh teknologi hingga pemasaran.

“Jadi terkait petani milenial, kita akan menggarap dari hulu sampai ke hilir, sehingga tidak berhenti ditengah jalan, dan ini akan berlangsung berkesinambungan.
Kami berharap petani di Desa Bendang Raya terus semangat dalam menjalankan aktivitas baik bertani, berkebun, dan menanam," harap Bupati Kukar.

Dari kalangan petani millenial Desa Bendang Raya Rido Matir mengatakan bahwa untuk saat ini mereka berfokus menanam tiga komoditi, yakni bunga kol, cabai, dan tomat. Disampaikannya bahwa sekali panen Bunga kol per tiga bulan, menghasilkan 5 sampai 8 ton. Hasil panen tersebut dikirim ke Balikpapan, Samarinda, Bontang, Banjarmasin bahkan sampai ke kota Palu di Sulawesi Selatan.

Berita Lainnya