Progress Smart City Kukar, Seluruh OPD Tandatangani Komitmen

Penulis: Admin
Progress Smart City Kukar, Seluruh OPD Tandatangani Komitmen

Smart City (Kota Cerdas) Kabupaten Kutai Kartanegara kembali berprogres. Hari ini, Kamis (25/11/21) dilaksanakan Penandatanganan Komitmen oleh seluruh OPD di Kukar yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Kukar di Tenggarong. Sehari sebelumnya dilakukan Bimtek terakhir penyusunan Master Plan Smart City.

Dalam Penandatanganan Komitmen OPD untuk pelaksanaan Smart City Kukar, dihadiri Tim Pendamping Smart City dari Universitas Gajah Mada DR. Rini Rachmawati,S.SI., MT, Seketaris Daerah(Sekda)Kukar Sunggono serta seluruh Dewan Smart City Kabupaten Kukar.

Kepala Diskominfo Kabupaten Kukar Dafip Haryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Kukar terpilih untuk melaksanakan Gerakan Menuju 100 Smart City. Untuk menyukseskan kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Diskominfo terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Dijelaskan Oleh Kadis Diskominfo Kukar bahwa dari hasil Bimtek penyusunan Master Plan, telah dihasilkan output berupa 5 buku tentang pembangunan Smart City Kukar. Buku 1 tentang Analisis Strategis, buku 2 tentang Masterplan Smart City, buku 3 tentang Executive Summary, buku 4 tentang Quick Win dan buku 5 tentang Masterplan Smart City Kawasan IKN.

Disampaikan oleh Kadis Kominfo Kukar bahwa kelima buku ini memberikan visi tentang pengembangan Smart City di Kabupaten Kukar, hingga menghasilkan masterplan Smart City dan Quick Win (solusi cepat) terwujudnya Smart City.
“Salah satu penguatan Smart City yang dilakukan Diskominfo adalah dengan membangun jaringan yang menghubungkan seluruh OPD, Kecamatan hingga Kelurahan, serta penyediaan gedung data center yang difungsikan sebagai tempat menyimpan server-server aplikasi yang telah dibangun Pemerintah daerah. Hal ini diharapkan dapat mempermudah proses integrasi seluruh aplikasi Pemerintah Kabupaten Kukar,” ujarnya.

Kadis Kominfo Kukar menjelaskan bahwa tujuan Penandatanganan Komitmen Gerakan Smart City yang dilakukan seluruh OPD adalah untuk menciptakan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pengembangan Smart City di Tingkat Pusat dan Daerah, serta mendorong proses pengembangan kawasan IKN Smart City yang efektif, efisien, inklusif, dan partisipatif.

Sekda Kukar Sunggono dalam sambutannya menyampaikan, untuk mewujudkan Smart City Kabupaten Kukar yang pertama harus dilakukan adalah memfasilitasi kebutuhan akses Informasi dari dan untuk masyarakat.

Konsep Smart City adalah konsep Kota Cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat untuk menghasilkan proses kerja yang lebih efektif dan efisien.

Dalam pelaksanaan Pengembangan Smart City di Kabupaten Kukar, selain penyusunan Dokumen Masterplan Smart City yang akan dijadikan sebagai panduan terkait tentang apa saja yang akan dilakukan, juga disusun target tahunan yang akan dicapaidalam Program Quick Win.

Diharapkan Quick Win yang dipilih nantinya tidak hanya berbentuk pencitraan, tapi juga menyentuh proses bisnis sistem prosedur. Selain itu juga harus memiliki multiplier effect pada pelayanan masyarakat. Diingatkan oleh Sekda Sunggono agar pemikiran parsial dan bekerja sendiri harus ditinggalkan. Tujuannya adalah untuk membentuk landasan kokoh menuju Smart City agar program tidak akan berhenti di tengah jalan.

Disampaikan oleh Sekda Sunggono bahwa terdapat 6 pilar yang menjadi dasar pelaksanaan program pengembangan Smart City Kabupaten Kukar. Pilar itu adalah Smart Governance yang dikelola oleh Dinas DLHK, Smart Branding oleh Dinas Pariwisata, Smart Economy oleh Dinas Pertanian, Smart Society oleh Dinas Pemberdayaan Anak dan Perempuan, Smart Living oleh Dinas Perhubungan dan Smart Environment oleh Dinas Dukcapil. Sedangkan pembuat Road Map Master Plan Smart City oleh Dinas Kominfo.

Ditegaskan oleh Sekda Sunggono bahwa Penandatanganan Komitmen dengan seluruh OPD adalah bentuk kesungguhan dan keseriusan dalam pelaksanaan Smart City di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Berita Lainnya