Rumah Besar Tenggarong Diusulkan Masuk Situs Cagar Budaya

Penulis: Admin
Rumah Besar Tenggarong Diusulkan Masuk Situs Cagar Budaya

Pemkab Kukar berkeinginan menjadikan Rumah Besar sebagai situs cagar budaya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara, Thauhid Afrilian Noor saat membuka kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Kaltim tahun 2021 di Rumah Besar di jalan Ahmad Yani, Kelurahan Melayu-Tenggarong pada hari Selasa (23/11/21).


Menindaklanjuti usulan tersebut pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kaltim
meminta Disdikbud Kukar untuk segera melengkapi persyaratan-persyaratan pada bulan November ini. Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain adalah sertifikat, asal muasal pendirian, tahun pendirian, siapa pendiri dan peruntukannya di masa lalu.


Pihak BPCB Kaltim menyampaikan jika persyaratan tersebut dapat dipenuhi, maka pada Desember 2021, Disdikbud Kukar bisa mengusulkan rencana ini kepada pihak Provinsi.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara Thauhid Afrilian Noor menyampaikan, dengan status sebagai situs cagar budaya, maka Rumah Besar akan masuk dalam catatan nasional dan bisa menjadi destinasi wisata di Tenggarong, dengan pengelolaan dan tanggung jawab sepenuhnya pada Pemkab Kukar.


Tahun ini Pemkab Kukar terpilih sebagai tuan rumah event Pekan Kebudayaan Nasional Kaltim Tahun 2021. Kepala Disdikbud Kukar menyampaikan bahwa Pemkab Kukar mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kaltim telah memilih Kukar untuk menggelar PKN Kaltim 2021.

Berita Lainnya