Pemkab Kukar Bentuk Forum Germas

Penulis: Admin
Pemkab Kukar Bentuk Forum Germas

Pelaksanaan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) masih belum memenuhi target yang diharapkan. Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, mengatakan Kondisi ini disikapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan membentuk Forum Germas.

“Secara khusus di Kukar sendiri telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 38 Tahun 2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam tataran regulasi bahwa dasar pelaksanaan Germas sudah cukup jelas namun dalam tataran pelaksanaan masih belum sesuai target yang diharapkan,” kata Sunggono, saat Pembentukan Forum Germas, Selasa (26/10).

Sunggono menjelaskan, pelaksanaan Germas bertujuan meningkatkan produktivitas masyarakat, menurunkan prevalensi penyakit menular dan tidak menular, serta mengurangi beban finansial masyarakat dalam pembiayaan kesehatan.

Menurutnya, implementasi Germas pada prinsipnya adalah melakukan pembangunan berwawasan kesehatan. Sunggono meminta seluruh pemangku kebijakan dapat menjadikan kesehatan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Lebih lanjut, Sunggono berharap kegiatan advokasi dan pembentukan Forum Germas dapat mendesain intervensi untuk mengintegrasikan pelaksanaan Germas di Kukar.

“Saya berharap dapat ditetapkan indikator dan target secara terukur dan sistematis agar keberhasilan pelaksanaan Germas di Kutai Kartanegara dapat terukur,” pungkasnya.

Berita Lainnya