Desa Tidak Ada Listrik, Pemkab Kukar Siapkan Panel Surya Komunal

Penulis: Admin
Desa Tidak Ada Listrik, Pemkab Kukar Siapkan Panel Surya Komunal

Desa Tidak Ada Listrik, Pemkab Kukar Siapkan Panel Surya Komunal
Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) akan menyediakan fasilitas listrik tenaga surya komunal di sejumlah desa. Bupati Kukar, Edi Damansyah mengatakan pemasangan panel surya ini untuk memberikan akses listrik di desa-desa yang belum tersentuh Perusahaan Listrik Negara (PLN). 
"Ada beberapa desa yang masuk kategori remot area (belum ada akses listrik), ini yang kita tuntaskan kedepannya dengan konsep penyediaan listrik tenaga surya seperti yang kita lakukan di Muara Enggelam," kata Edi Damansyah, Sabtu (23/10) 
Edi menambahkan dalam pemenuhan akses listrik masyarakat, Pemkab Kukar saat ini tengah menjalankan program Terang Kampungku. Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan listrik di 14 desa yang selama ini hanya 12 jam menjadi 24 jam.
"Selama ini ketersediaan listrik pada beberapa desa hanya 12 jam itupun hanya malam saja, melalui kerja sama Pemkab Kukar dengan PLN desa-desa yang tadinya 12 jam meningkat menjadi 24  jam," pungkasnya.
Ia berharap dengan ketersediaan listrik 24 jam dan sarana air bersih aktifitas masyarakat yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan terus berjalan.

Berita Lainnya