Dirjen Kemenlu RI Tinjau dan Koordinasi Pelaksanaan Program Beasiswa Seni Dan Budaya Di Tenggarong

Penulis: Admin
Dirjen Kemenlu RI Tinjau dan Koordinasi Pelaksanaan Program Beasiswa Seni Dan Budaya Di Tenggarong

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah didampingi Kepala Bappeda Wiyono menerima kunjungan kerja Duta Besar Teuku Faizasyah sekaligus Direktur Jendral Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri RI beserta rombongan. bertempat di Pendopo Bupati Kukar,Sabtu malam (23/10/21).

Kunjungan kerja Dirjen Kemenlu RI Teuku Faizasyah ke Kukar untuk melakukan peninjauan dan koordinasi pelaksanaan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia tahun 2021 secara virtual(BSBI Virtual)

Dikatan Dirjen Kemenlu RI Teuku Faizasyah bahwa program beasiswa yang diikuti 47 orang peserta dari 21 Negara ini telah berlangsung sejak tanggal 24 September hingga 14 Nopember tahun 2021 bekerja sama dengan 6 sanggar seni yang tersebar di 6 provinsi di Indonesia.


Sanggar seni dari Kukar yang bekerjasama dengan sanggar seni mitra pelaksana BSBI Virtual adalah Sanggar Seni Gubang Art Community. Saat ini sanggar tersebut tengah menampung 7 orang peserta BSBI dari 5 negara dalam penyelenggaraan pelatihan seni tari tradisional, seni lagu daerah dan seni kerajinan tangan sesuai dengan karakter potensi setempat.

Guna memastikan program BSBI Virtual ini berjalan, berbagai adaptasi dilakukan termasuk dengan memanfaatkan teknologi digital akibat berbagai pembatasan yang diberlakukan terkait pandemi COVID-19. Pemkab Kukar pun merespons fenomena tersebut dengan menyiapkan Gedung Serbaguna Kantor bupati untuk dijadikan pengelaran BSBI Virtual.

Dirjen Kemenlu RI Teuku Faizasyah menilai Sanggar Seni Gubang Art di Kukar paling siap dalam penyelenggaraan BSBI Virtual ini. Dengan dorongan dan dukungan Pemkab Kukar yang sangat baik, kegiatan ini bisa diselenggarakan di gedung pemerintahan. Hal ini merupakan modal yang baik untuk penyelenggaran BSBI Virtual agar bisa menarik minat wisatawan datang berkunjung ke Kukar untuk belajar seni dan budaya.

Dalam sambutannya Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan pencapaian Sanggar Seni Gubang Art Community Kukar harus terus dipertahankan. Dikatakannya bahwa pencapaian-pencapaian Sanggar Seni Gubang Art Community merupakan kebanggaan untuk Kukar.

Bupati Edi Damansyah menyampaikan Program Kukar Idaman yakni mengadakan 100 festival untuk mewadahi dan memaksimalkan potensi dan kekayaan seni dan budaya yang ada diKukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, apa yang telah dicapai Sanggar Seni Gubang Art Community juga dapat diikuti sanggar seni lain yang ada di Kukar. Diharapkannya sanggar seni di Kukar mampu menunjukkan eksistensinya agar Kabupaten Kukar lebih dikenal ke tingkat nasional bahkan internasional melalui karya seni dan budaya.

Berita Lainnya