Visitasi Tim Penilai Keberhasilan Pembangunan Provinsi Kaltim Bidang E-Government Ke Kukar

Penulis: Admin
Visitasi Tim Penilai Keberhasilan Pembangunan Provinsi Kaltim Bidang E-Government Ke Kukar

Tim Penilai Keberhasilan Pembangunan Provinsi Kaltim Bidang E-Government Tahun 2021 hari ini Rabu (13/10/21) melakukan visitasi awal ke Kantor Diskominfo Kutai Kartanegara. Hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Faisal, Kepala Bidang dan para Kasi dan staf pada Bidang E-Government Provinsi Kalimantan Timur dan Akademisi Unmul Prof. Abdullah Karim. Dari Dinas Kominfo Kukar hadir Kepala Dinas Kominfo Kukar Dafip Haryanto, para Kabid dan Kasi serta Staf Diskominfo Kukar.

Penilaian ini merupakan tradisi di Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang pada peringatan ulang tahunnya memberikan penganugerahan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten / Kota se Kaltim berupa panji-panji Keberhasilan Pembangunan Kaltim

Kadis Kominfo Provinsi Kalitim Muhammad Faisal menyampaikan bahwa tujuan visitasi awal ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai tingkat pembangunan TIK di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam kegiatan tersebut pihak Dikominfo Kukar menampilkan video profil Diskominfo yang membahas tentang tupoksi dan menampilkan data-data pada tiap bidang.
Visitasi tersebut membahas beberapa item yang akan dinilai berkaitan dengan bidang e-government. Prof Abdullah Karim menyampaikan ada 3 item penilaian, yakni tentang e-government / digital government, smart city, dan keterbukaan informasi publik.

Prof. Abdullah Karim menanyakan langkah-langkah yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam implmenetasi e-government. Selain itu juga ditanyakan langkah yang dilakukan antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Diskominfo dalam menyikapi digital devide dalam pembelajaran online bagi para guru dan murid. Selain itu adalah tentang keterbukaan informai publik. Dari pihak tim menilai mengharapkan jawaban verbal dan tertulis dari Diskominfo Kukar.

Diskusi hangat terjadi setelah para Kabid dan Kasi Di Dikominfo menyampaikan paparan dan penjelasan berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan dan menyampaikan identifikasi masalah dan strategi dan langkah teknis yang akan dilakukan di masa depan berkaitan dengan RPJMD dan visi-misi Kukar Idaman 2021-2026.

Berita Lainnya