Kemnaker RI Segera Bangun Balai Latihan Kerja Di Kukar

Penulis: Admin
Kemnaker RI Segera Bangun Balai Latihan Kerja Di Kukar

Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Penetapan Lokasi Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kabupaten Kukar.

Penandatanganan dilakukan Dirjen Binalavotas Kemenaker RI Budi Hartawan dan Bupati Kukar Edi Damansyah disaksikan Menteri Ketenagakerjaan RI Dr. Ida Fauziah. Kegiatan tersebut dilakanakan di Hotel Mercure Samarinda Provinsi Kalimantan Timur hari ini, Senin(11/09/2021) dalam acara Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri di Hotel Mercure Samarinda.

Dalam sambutannya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa pihaknya akan terus mendorong pengembangan kompetensi tenaga kerja di Kalimantan Timur. “Kami berupaya mengembangkan sumberdaya manusia (SDM) melalui pendirian Balai Latihan Kerja (BLK) di wilayah Kaltim,” tega Menaker.

Menaker Ida Fauziyah menyatakan dukungannya terhadap usulan Bupati Kukar. “Saya sangat mendukung rencana pembangunan UPTP BLK di Kukar. Terlebih, Pak Bupati tadi telah menyiapkan lahan seluas 26 hektar untuk pembangunan BLK tersebut. Saya berharap, keberadaan BLK dapat meningkatkan jumlah dan menambah keterampilan masyarakat di wilayah ini. Dengan keterampilan yang mumpuni, maka SDM Kukar akan siap memasuki pasar kerja dan bersaing di dunia industri”, tegas Menteri Ida Fauziah

Dirjen Kemnaker, Budi Hartawan dalam sambutannya mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan RI merespons positif rencana Pemkab Kukar terkait pendirian Unit Pelayanan Teknis Pusat (UPTP) berupa Balai Latihan Kerja (BLK) yang akan dikelola langsung oleh Kemnaker di Kukar. Pengembangan BLK ini akan disesuaikan dengan potensi daerah sesuai kebutuhan masyarakat setempat.

Dirjen Binalavotas Budi Hartawan sangat mengapresiasi Bupati Edi Damansyah dalam mencari referensi pembangunan UPTP BLK di Kukar. Dikatakannya bahwa pembangunan UPTP BLK di Kukar sebagai solusi mendekatkan kebutuhan sumberaya manusia terampil dengan pihak perusahaan. Dirjen Binalavotas berharap BLK UPTP yang dibangun nantinya bisa terintegrasi dengan kejuruan untuk dapat menghasilkan para pencari kerja yang kompeten.

Sementara itu Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan dalam membangun dan mengembangkan UPTP BLK ini, Pemkab Kukar sudah menyediakan lahan seluas 26 hektare di Kelurahan Loa Ipuh Darat. "Saya berharap nantinya masyarakat Provinsi Kalimantan Timur khususnya masyarakat di Kabupaten Kukar bisa belajar, berlatih di UPTP BLK tersebut,” harap Bupati Edi Damansyah.

Dikatakan Bupati Edi Damansyah bahwa Pemkab Kukar sebelumnya telah mengusulkan kepada Kemnaker dan memperoleh sambutan yang positif untuk lokasi pembangunan UPTP BLK tersebut. Untuk tahap pembangunan UPTP BLK selanjutnya, Pemkab Kukar menyerahkan sepenuhnya kepada Kemnaker RI. Bupati Edi Damansyah berharap “Tahun depan UPTP BLK itu sudah mulai dibangun dan beroperasi, tetapi itu tergantung dan sepenuhnya wewenang Kemnaker RI.”

Berita Lainnya