Audiensi Bupati Kukar Edi Damansyah Dengan Kementrian KDPDTT RI

Penulis: Admin
Audiensi Bupati Kukar Edi Damansyah Dengan Kementrian KDPDTT RI

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah beraudiensi dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dalam kesempatan tersebut pihak Kementerian diwakili oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PEID) Harlina Sulistyorini yang didampingi Direktur Pelayanan Investasi Supriadi.

Dalam pertemuan ini Bupati Kukar didampingi Kapala Bappeda Wiyono, Kepala Dinas Transmigrasi Transmigrasi Adi dan Kabag Prokompim Ismed. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Mercure Samarinda Provinsi Kalimantan Timur pada hari, Senin (11/9/2021).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas tentang rencana peningkatan pendapatan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Kukar khususnya. Dirjen Harlina Sulistyorini menjelaskan tentang tahapan-tahapan yang ditawarkan untuk menuntaskan penanganan pendapatan ekonomi bagi masyarakat di Kukar.

Tahap pertama adalah pemetaan awal. Kedua, peta warga per kabupaten dan yang ketiga adalah penyusunan rencana anggaran dan menentukan PIC. Keempat adalah dengan melakukan konsolidasi data dan lapangan. Kelima, rencana aksi, keenam dengan melakukan Implementasi dan yang ketujuh adalah monitoring keberlanjutan.

Dirjen Harlina Sulistyorini mengingatkan , “Tahapan rencana aksi adalah wilayah Pemerintah Daerah karena Bupati yang tahu wilayah dan yang punya wilayah. Sehingga dalam road map, Bupati yang memberikan gambaran berdasarkan hasil konsolidasi data ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan maksud dan tujuan audiensi, yakni untuk sinkronisasi program daerah dengan program yang akan dilaksanakan oleh pihak Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tahun 2022.

Dalam audiensi tersebut salah satu bahasan adalah peningkatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), peningkatan usaha ekonomi bagi masyarakat desa dan desa kawasan. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan salah satu program kegiatan prioritas Kabupaten Kukar

Dalam kesempatan tersebut Bupati Edi Damansyah meminta bantuan agar berbagai potensi yang ada di Kukar tersebut bisa dipromosikan dan dipasarkan oleh pihak Kementerian sehingga dapat menarik minat investor datang ke Kukar. “Masuknya investasi ke Kukar akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Bupati Kukar Edi Damansyah memberi jaminan kemudahan kepada investor yang akan masuk ke Kukar. Disampaikan Bupati Edi Damansyah bahwa intinya investasi harus masuk dan Kementerian berperan dalam kanalisasi membuka peluang tersebut.

Berita Lainnya