Pemkab Kukar Bersama Kemenpan RB RI Gelar Audensi Pelayanan Publik

Penulis: Admin
Pemkab Kukar Bersama Kemenpan RB RI Gelar Audensi Pelayanan Publik

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin menerima audiensi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia Prof Dr. Diah Natalisa, MBA dan Asisten Deputi Noviana Andira,S.H., M.AP. Audiensi tersebut membahas tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II bertempat di Ruang Eksekutif Wakil Bupati pada hari Jumat pagi (09/09/2021).

Dalam kegiatan tersebut dilakukan koordinasi pelaksanaan reformasi birokrasi khususnya mengenai pelayanan publik di Kukar. Dijelaskan Deputi Diah Natalisa ada 2 aspek yang menjadi evaluasi Kemenpan RB, yakni kinerja Pemerintah Daerah dan kualitas layanan publik.

Disampaikan oleh Deputi Diah Natalisa bahwa masyarakat harus merasakan kehadiran pemerintah melalui pelayanan publik yang maksimal. Pelayan publik yang maksimal tentu harus ditopang oleh Aparatur Sipil Negara yang baik dari segi SDM, organisasi, anggaran, hingga pengawasan.

“Kami dari Kemenpan RB hadir untuk memberikan pembinaan, tidak mencari salah dan benar, tetapi bagaimana pelayanan publik menjadi lebih baik. Proses inilah yang kita sebut sebagai inovasi,” paparnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin menyampaikan bahwa konsep pembangunan daerah Kukar dengan nama KUKAR IDAMAN yang merupakan akronim dari Inovatif, Daya Saing, dan Mandiri.

Dijelaskan oleh Rendi bahwa KUKAR IDAMAN adalah gerakan yang mengoptimalkan seluruh potensi daerah dengan mendorong kreatifitas dan inovasi seluruh pelaku pembangunan dalam menciptakan daya saing dan kemandirian daerah yang didasari semangat koloborasi dan sinergisitas antara Pemerintah Kabupaten, dunia usaha, akademisi dan masyarakat untuk memujudkan Kukar yang lebih baik.

Kepada Deputi Diah Natalisa Wabup Rendi Solihin mengatakan, "Salah satu program dalam misi pertama RPJMD 2021-2026 Kukar adalah digitalisasi pelayanan publik (Disapa) sebagai program dedikasi Kukar Idaman. Kami mengadakan Gelar Inovasi setiap tahunnya untuk mendorong perangkat daerah berinovasi dan memberi apresiasi terhadap ASN perangkat daerah yang telah berinovasi”.

Wabup Rendi Solihin menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. dikemukakannya bahwa pelayanan publik itu diukur berdasarkan hasil penilaian dari Kemenpan RB. Ditambahkan Wabup bahwa pada tahun 2021, Pemkab Kukar membangun mall pelayanan publik yang saat ini sedang berjalan pembangunannya.

Saat Audensi tersebut Wabup Kukar didampingi beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Diskominfo Dafip Haryanto, Kepala Dinas Perijinan Bambang Arwanto, Kepala Disduk capil Muhammad Iryanto, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Suhada, dan Perwakilan dari Polres Kukar.

Berita Lainnya