KPAD Kukar Beri Paket Sembako ODHA

Penulis: Admin
KPAD Kukar Beri Paket Sembako ODHA

Komisi Penanggulangan HIV, AIDS (KPAD) Kukar hari ini Selasa(21/09/21) melakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada Orang Dengan HIV, AIDS (ODHA) di Kantor Sekretariat LPTQ di Jalan Jelawat Kelurahan Timbau,Tenggarong. Kegiatan tersebut dihadiri Seketaris Daerah Kukar Sunggono dan Asisten 1 Bidang Pemerintaham dan Kesejahteraan Rakyat, Ahmad Taufik Hidayat.

Sebanyak 100 paket sembako dialokasikan untuk 100 orang dari 626 ODHA di wilayah puskesmas se-Kabupaten Kutai Kartanegara. Pemberian PMT ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Kukar kepada penderita HIV yang tersebar di beberapa wilayah binaan puskesmas diantaranya adalah Puskesmas Rapak Mahang sebanyak 40 orang, Loa Ipuh 5 orang, Mangkurawang 1 orang, Jonggon B sebanyak 4 orang, Loa Kulu 10 orang, Muara Jawa 2 orang, Handil Baru 1 orang, Kembang Janggut 5 orang, Loa Duri 6 orang, Batuah 3 orang, Muara Badak 3 orang, Muara Kaman 1 orang, Muara Wis 1 orang, Ritan Baru 3 orang, Sebulu 1 sebanyak 2 orang, dan Sebulu 2 sebanyak 11 orang.

Sekda Sunggono mengatakan bahwa “Penderita HIV/AIDS (ODHA) membutuhkan asupan makanan yang sehat. Pasalnya, perkembangan penyakit memungkinkan ODHA untuk mengalami penurunan berat badan yang drastis. Infeksi HIV juga memperlemah sistem imun sehingga ODHA rentan mengalami penyakit lain. Maka pola makan pengidap HIV/AIDS bukan hanya harus bergizi lengkap dan seimbang, melainkan juga higienis untuk mencegah kemungkinan infeksi dari makanan yang terkontaminasi. Untuk itulah kita memberikan makanan tambahan bagi orang dalam HIV/AIDS yang tersebar dipuskesmas se-Kabupaten Kutai Kartanegara”.

Sekda Kukar Sunggono mengatakan, “selama kita perlu sama dalam pemahaman, keinginan, saling terbuka , sehingga masalah ODHA bisa kita lalui bersama. Masyarakat harus terus diedukasi dengan informasi yang benar tentang HIV/AIDS agar stigma negatif yang mendiskriminasi ODHA bisa dikikis”

Berita Lainnya