Rapat Koordinasi Persiapan Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi

Penulis: Admin
Rapat Koordinasi Persiapan Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi

Salah satu upaya Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara dalam melakukan percepatan konsumsi pangan berbasis pangan lokal adalah dengan melakukan promosi edukasi. Untuk itu Pemkab Kukar akan mengikuti Festival Pangan Lokal yang akan diselenggarakan oleh Provinsi Kalimantan Timur. Untuk itu Dinas Ketahanan Pangan Kukar pada hari ini, Selasa(21/09/21) melakukan rapat Koordinasi dalam rangka persiapan mengikuti Kegiatan Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi tahun 2021 di Gedung D lantai 3, Kompleks Perkantoran Bupati Kukar di Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong.

Rapat Koordinasi ini di Ketuai Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kukar, diikuti Ketua Tim PKK, Diskominfo, Dinkes, Hotel Grand Elty, Hotel Grand Fatma dan Bagian Prokompim Kukar.

Dalam kegiatan tersebut Kadis Ketahanan Pangan Kukar mengatakan bahwa masalah ketahanan pangan tidak cukup hanya masalah produksi, tetapi juga menyangkut distribusi ke seluruh pelosok tanah air agar masyarakat dapat mengakses keragaman pangan, bergizi, seimbang, aman dan halal. “Melihat posisinya yang sedemikian kompleks menunjukkan secara jelas bahwa pembangunan ketahanan pangan tidak dibebankan hanya kepada satu institusi, tetapi melibatkan multi sektor dan disiplin ilmu pengetahuan. Kerjasama ini sangat penting untuk membangun ketahanan pangan”, ujar Kadis.

Dalam surat Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikulturak Kalimantan Timur disampaikan bahwa Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi 2021 awalnya akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan September 2021. Namun karena diterbitkan kebijakan perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) baik dilevel Pemerintah Provinsi ataupun Kabupaten setempat, maka diundur menjadi minggu kedua bulan Oktober 2021 dan tetap dilaksanakan secara offline.

Jadwal pengiriman kelengkapan lomba yang semula ditetapkan pada minggu ketiga bulan Agustus diperpanjang sampai dengan minggu ketiga bulan September2021.

Terdapat 2 kategori dalam kegiatan lomba tersebut. Kategori pertama adalah paket makan siang / luch box B2SA dengan peserta Tim Penggerak PKK 10 Kabupaten / Kota se Kalimantan Timur. Kategori kedua adalahproduk olahan komersial dalam kemasan berbasis pangan lokal. Kategori ini diikuti oleh instansi / dinas yang menangani ketahanan pangan Kabupaten / Kota se Kalimantan Timur.

Sedangkan Tim Juri Festival Pangan Lokal terdiri dari 5 unsur, yakni ahli gizi dari Dinkes Provinsi, PLUT Kaltim, Persatuan Cheff, Tim Penggerak PKK Provinsi dan PHRi Kalimantan Timur. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa trophy dan sertifikat, souvenir, dan uang pembinaan. Karena Festival Pangan Lokal Tingkat Nasional ditiadakan, maka pemenang tingkat Provinsi tidak akan mewakili Kalimantan Timur di event nasional.

Berita Lainnya