Mereka Yang Bekerja Dalam Senyap

Penulis: Admin
Mereka Yang Bekerja Dalam Senyap

Bermula dari tantangan Bupati Kukar Edi Damansyah kepada Sekda Kukar Sunggono saat serangan gelombang 2 covid-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara pada pertengahan Juli 2021 silam. Bupati Kukar meminta Sekda untuk mengatasi banyaknya pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri yang keluar rumah.
Maka Sekda Kukar Sunggono pun memutuskan perlunya dibentuk team surveyor untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan yang dihadapi pasien isoman. Team pun dibentuk dibawah komando langsung Sekda dan berkoordinasi dengan Bagian Pemerintahan Sekretariat Derah, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan, PMI, Camat, Lurah dan RT. Maka dilibatkanlah tokoh masyarakat, BALAKRCANA, pemuda, kelompok agama, Karang Taruna, pengurus masjid, Ikatan Remaja Masjid, jamaah masjid. Para surveyor direkrut dan dibagi berdasarkan wilayah kelurahan/desa.
Para surveyor bekerja dengan data pasien yang berasal dari Dinkes dan temuan mereka di lapangan. Merekapun melaporkan kondisi konkrit pasien isoman secara real time. Mereka pun mengirimkan data GPS lokasi pasien dan pihak Bagian Pemerintahan pun memetakan lokasi pasien isoman.
Data kualitatif yang didapat para surveyor untuk menjelaskan mengapa pasien isoman keluar rumah ternyata sungguh beragam. Mulai untuk membeli sembako, obat anti nyamuk, hingga pakan burung dan kucing. Pasien isoman dan warga sekitarnya pun menceritakan persoalan kesulitan ekonominya akibat adanya kebijakan PPKM yang diberlakukan kepada para surveyor.
Berangkat dari hasil identifikasi permasalahan warga isoman tersebut oleh team surveyor dan upaya menghentikan pencegahan penyebaran covid-19, maka oleh team OPD diputuskan adanya pemberian paket sembako, obat-obatan dan vitamin bagi warga isoman.
Team surveyor Tenggarong baik laki-laki atau perempuan memang luar biasa. Mereka bekerja keras mengambil pasokan sembako di Dinas Sosial dan obat serta vitamin di Dinas Kesehatan untuk didistribusikan ke rumah warga isoman. Mereka bersama PMI juga melakukan penyemprotan desinfectan di rumah-rumah warga isoman dan rumah-rumah di sekitarnya, jalan, fasilitas umum dan tempat ibadah.
Dengan kendaraan pribadi berupa motor atau motor yang dilengkapi gerobak dan kantung pada bagian belakang, mereka bergerak, menyusuri jalan semen, jalan tanah, dan juga jalan berupa jembatan kayu yang panjang. Para surveyor juga melayani warga yang menjalani isoman yang meminta tolong untuk membelikan kebutuhan-kebutuhannya. Peran mereka disambut dengan suka cita dan wajah terima kasih dari warga isoman.
Sesudah melaksanakan tugasnya di lapangan, merekapun membuat dan mengirimkan laporan melalui aplikasi yang disediakan oleh Bagian Pemerintahan. Saat malam hari Bagian Pemerintahan pun mengirimkan rekapan hasil laporan pada aplikasi messenger dan terjadi diskusi-diskusi kecil terkait laporan antara admin dari Bagian Pemerintahan dan para surveyor.
Sesekali Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan memberikan arahan dan instruksi. Sesekali pihak Dinas Sosial menyampaikan kondisi ketersediaan pasokan sembako. Team dari Dinas Kesehatan pun tiap hari menyampaikan informasi kesiapan pasokan obat dan vitamin yang telah dipilah-pilah berdasarkan wilayah untuk dapat diambil team surveyor untuk dibagikan kepada warga isoman.
Hal yang menarik lagi, para surveyor pun mengajak warga sekitar untuk terlibat dalam donasi yang bertujuan untuk meringankan beban warga yang terdampak secara ekonomi dari kebijakan PPKM. Mereka membagi pemberitahuan pengumpulan donasi di aplikasi messenger dan media sosial. Mereka menyadari bahwa keterlibatan warga mengatasi masalah warga yang lain adalah spirit yang perlu dijaga dan dikembangkan sebagai sesama orang yang tinggal di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Team ini begitu solid dalam mengatasi permasalahan warga isoman dan warga di sekitarnya. Koordinasi yang terintegrasi, semangat kerja, rasa kemanusiaan, kepedulian terhadap sesama warga, dan tanggung jawab dalam mengatasi pencegahan penyebaran covid-19 sangat terasa. Para surveyor kerap memberikan kritik dan saran untuk aplikasi yang harus mereka isi. Dan mereka pun lugas dalam memuji aplikasi yang dibangun dan terus diupdate oleh Bagian Pemerintahan. Mereka bekerja dengan gembira dan berusaha menjadikan dirinya bermanfaat bagi sesama.
Para surveyor memang jenaka. Sesekali mereka memosting nasi bungkus yang disiapkan pihak lurah dengan rasa syukur. Foto-foto yang diposting di group messanger menunjukkan wajah-wajah ceria para surveyor dan warga yang sedang menjalani isoman. Tidak ada surveyor yang mengeluh dalam melaksanakan tugas mulianya. Mereka mengaku jalinan komunikasi yang baik dan kebersamaan dalam susah dan senang itu cukup bagi mereka. Ungkapan rasa terima kasih dan doa bertubi-tubi dari warga isoman yang merasa terbantu membuat para surveyor senang, terharu dan membuat mereka bangga dalam perannya.
Beberapa surveyor juga ada yang berperan untuk melakukan tracing kontak erat dari warga yang menjalani isoman. Mereka mendampingi team medis dari puskesmas melakukan swab antigen kepada warga isoman, kontak erat bahkan pada jenazah warga yang meninggal mendadak. Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penularan. Situasi memilukan dan sedih ini mereka saksikan dan rasakan sebagai empati pada keluarga pasien covid-19
Para surveyor, pihak-pihak yang terlibat dalam pencegahan penyebaran covid-19 di Tenggarong, dan masyarakat sekitar warga isoman memang yang luar biasa. Mereka juga terlibat dalam pemakaman warga. Mereka juga anggota BPK (Bubuhan Penggali Kubur) di wilayahnya. Sulit bagi mereka menghitung berapa lubang kubur yang telah mereka gali dari pagi shubuh hingga malam hari.
Para surveyor memang bengal. Seorang dari surveyor dari Kelurahan Mangkurawang pun ada yang tumbang terinfeksi covid-19 dan saat ini menjalani isoman di rumah, ada juga yang harus dirawat di Wisma Atlet di Kompleks Stadion Aji Imbut di Tenggarong Seberang. Di media messanger khusus surveyor dan OPD terkait lainnya, Kadinkes Kukar pun menangnyakan perkembangan kesehatan para surveyor yang isoman dan yang sedang di rawat di Wisma Atlet. Meski demikian sang surveyor itupun tidak juga jera. Sang surveyor ini berharap cepat sembuh dan sehat kembali untuk dapat kembali bertugas, membagi sembako, obat dan vitamin, melayani warga yang meminta tolong membelikan kebutuhan-kebutuhannya, melakukan tracing, dan menggali kubur.
Para surveyor dan semua pihak yang terlibat dalam pencegahan penularan covid-19 itu orang-orang yang luar biasa. Mereka mengorbankan banyak hal dalam hidupnya, mengambil resiko yang tidak kecil bagi dirinya sendiri dan keluarganya. Mereka sangat bahagia ketika merasa dirinya bermanfaat bagi sesama. Dan mereka bekerja dalam senyap

Berita Lainnya

Kadis Kominfo Kukar Ultah, Sekda Kukar Beri Ucapan Selamat

Kadis Kominfo Kukar Ultah, Sekda Kukar Beri Ucapan Selamat

Polres Kukar Salurkan Bansos Untuk Warga Terdampak PPKM

Polres Kukar Salurkan Bansos Untuk Warga Terdampak PPKM

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN

KPAD Kukar Beri Paket Sembako ODHA

KPAD Kukar Beri Paket Sembako ODHA

Video

Infografis

Terbaru

Kadis Kominfo Kukar Ultah, Sekda Kukar Beri Ucapan Selamat

Kadis Kominfo Kukar Ultah, Sekda Kukar Beri Ucapan Selamat

access_time Jumat, 24 September 2021

Polres Kukar Salurkan Bansos Untuk Warga Terdampak PPKM

Polres Kukar Salurkan Bansos Untuk Warga Terdampak PPKM

access_time Kamis, 23 September 2021

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN

access_time Kamis, 23 September 2021

KPAD Kukar Beri Paket Sembako ODHA

KPAD Kukar Beri Paket Sembako ODHA

access_time Rabu, 22 September 2021

Populer