Himbauan Dinas PKP Kukar : Masyarakat Tidak Membuang Sampah saat Perayaan Idul Fitri (13-14 Mei 2021).

Penulis: Admin
Himbauan Dinas PKP Kukar : Masyarakat Tidak Membuang Sampah saat  Perayaan Idul Fitri (13-14 Mei 2021).

Tingginya tingkat kebutuhan warga Kabupaten Kutai Kartanegara menjelang lebaran, membuat produksi sampah rumahan diprediksi akan melonjak pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Sehingga untuk mengantisipasi kelonjakan tersebut, Ahyani Fadianur kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman(DPKP) pemkab kukar, menerbitkan surat edaran bernomor: P-2133/DPKP/KPP.1/055.11/05/2021.Penanganan Sampah menjelang dan sesudah Idul Fitri 1442 H (Simpan Sampah).

Ahyani mengajak, kepada seluruh apartat Kecamatn untuk berkoordinasi dengan seluruh jajaran Kelurahan hingga pengurus Rukun Tetangga (RT) masing-masing untuk menyampaikan secara langsung kepada masyarakat mengenai Simpan Sampah, ini bisa dilakukan secara tradisional menggunakan pengeras suara dari masjid atau mushola dan lain-lain.

Selain imbauan untuk mengetahui jadwal pembuangan sampah, ada tujuh poin ajakan kepada masyarakat saat melakukan kegiatan seperti berziarah ke kuburan, berbelanja, jadwal buang sampah hingga menjaga kebersihan lingkungan setempat.

Ajakan yang pertama adalah masyarakat tetap disiplin menjaga kebersihan dan tidak membuang dan meninggalkan sampah di area pemakaman. Kedua menggunakan tas belanja yang bisa dipakai ulang (bukan tas plasti) saat berbelanja di supermarket, pasar swalayan ataupun pasar tradisional.

Di poin keempat dalam surat edaran itu, Simpan lah sampah selama 2 hari jangan membuang sampah pada hari H dan H+1 Idul fitri 1442 H yakni tanggal 13 dan 14 mei dikarenakan pada hari tersebut petugas kebersihan pada dinas perumahan dan kawasan permukiman sedang libur Idul Fitri.

Poin ke lima Pada hari H+2 idul fitri tanggal 15 mei 2021, masyarakat kukar dapat kembali membuang sampah secara normal pada pukul 18.00 sampai 06.00 Wita.

Kemudian pada poin keenam dan ketujuh, dalam merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah diupayakan agar dapat menghindari penggunaan kemasan plastik sekali pakai dan tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan adanya surat edaran tersebut, diharapkan masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing . ujar Ahyani.

(tim-pkp)

Berita Lainnya