Edi Damansyah,Lakukan Sidak Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan 1442 H

Penulis: Admin
Edi Damansyah,Lakukan Sidak Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan 1442 H

Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Edi Damansyah memimpin langsung lakukan sidak terhadap harga kebutuhan pokok menjelang datangnya bulan suci Ramadhan di Pasar Mangkurawang kecamatan Tenggarong didampingi Tim Pengendali Inflasi Daerah TPID pemerintah kabupaten kukar, Kepolisian, dan Satgas pangan

Edi menuturkan, pemantauan dilakukan di pasar-pasar dan agen agen beras, agen elfiji di Tenggarong. Pelaksanaan sidak ini, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga sekaligus ketersediaan bahan pokok saat Ramadhan nanti," jelasnya,Minggu (11/4/2021).

Sementara itu, berdasarkan sidak untuk harga kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, daging sapi ,bawang,dan cabe masih relativ stabil.

Sedangkan, jumlah produk di pasar juga dinilai masih mencukupi kebutuhan masyarakat hingga dan selama bulan ramadhan ke depan.

"Sejauh ini, harga untuk bahan pokok masih normal. Rata-rata harga masih sesuai dengan harga eceren begitupun dengan persediaannya. Memang, saat ini yang harganya sulit dikendalikan komoditi cabai rawit namun kami usahakan pada Ramadhan nanti harga akan normal kembali," tuturnya.

Edi menambahkan Pemantauan harga dan persediaan bahan pokok akan terus dilakukan ke pasar-pasar hingga Idul Fitri tiba.ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kenaikan dan kekurangan pasokan untuk masyarakat.

Pemkab kukar berencana akan membuat program untuk membantu permodalan dana kepada pelaku usaha kecil melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Daerah. dan Kredit melawan Rentenir .Edi berharap dengan adanya program ini bisa membantu menumbuhkan perekonomian di wilayahnya kukar agar prospek pemulihan ekonomi dimasa pandemi dan ke depannya semakin baik. pungkasnya

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar Tajuddin mengatakan, fluktuasi harga pangan hanya terjadi pada cabai rawit. Saat ini, harga cabe rawit per Kg nya masih tinggi di kisaran Rp 150 ribu, karena stoknya masih didatangkan dari pulau jawa sedikit berkurang akibat banjir, tapi masih tersedia.

Meski harga stabil dan tidak ada kelangkaan, menurut Tajuddin, pemantauan dan pelaporan harga barang kebutuhan pokok akan intens dilakukan sesuai dengan Petunjuk Teknis Kementerian Perdagangan tentang Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan harga kebutuhan pokok katanya. saat ditemui tim diskominfo kukar.

Menurut data pantauan Sidak hari minggu ini di Pasar Mangkurawang tenggarong yakni: harga Ayam 32 ribu /kg, Ikan layang 30 s/d 40 ribu kg, Telor ayam 45 ribu /kg, Cabe keriting 40 ribu /kg, Cabe tiyung 90 ribu /kg, Cabe rawit 150 ribu /kg, Bawang merah 24 ribu/kg, Bawang putih 25 ribu /kg.

(tim-kominfo)

Berita Lainnya