SIARAN PERS: DISDIKBUD KUKAR PUTUSKAN BELAJAR TATAP MUKA DITUNDA

Penulis: Admin
SIARAN PERS: DISDIKBUD KUKAR PUTUSKAN BELAJAR TATAP MUKA DITUNDA

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara  membatalkan rencana yang telah dibuat sebelumnya terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tatap muka (KBM TM) pada semester Genap tahun ajaran 2020/2021. 

Pemberitahukan terkait pembatalan hal ini dilakukan Disdikbud Kukar lewat surat nomor P-1924/DPK/SET-1/421/12/2020 yang ditujukan kepada para kepala UPT di Kecamatan, satuan pendidikan PAUD, SD, SMP se kabupaten Kutai Kartanegara sebagai respon atas informasi dari Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kukar, bahwa pandemi Covid-19 di wilayah Kukar semakin masif dan belum terlihat adanya tanda-tanda penurunan angka sebaran orang yang dinyatakan terinveksi Covid-19. 

"Sejak tanggal 4 Januari 2021 dan seterusnya, seluruh satuan jenjang pendidikan PAUD, SD, dan SMP di kbupaten Kutai Kartanegara agar menunda KBM TM di sekolah sampai ada pemberitahuan resmi dari Disdikbud Kukar," kata Plt Kepala Disdikbud Kukar, Ikhsanuddin Noor dalam surat tersebut. Dengan adanya surat edaran ini sekaligus membtalkan rencana KBM TM yang sedianya akan dilakukan pada Januari 2021. 

Lebih lanjut dalam surat tersebut dijelaskan bahwa sembari menunggu pemberitahuan resmi selanjutnya terkait pelaksanaan KBM TM, sekolah dapat mempersiapkan sarana dan prasarana terkait pemenuhan protokol Kesehatan disekolah masing-masing.

Kemudian sekolah dapat menggelar rapat dengan orang tua siswa terkait penyampaian materi protokol Covid-19. Undangan, daftar hadir, dan notulensi rapat tersebut dilampirkan bersama dengan surat persetujuan orang tua terkait KBM TM. 

Selain itu, membuat kesepakatan antara orang tua murid dan pihak sekolah terkait hal penting yang dianggap perlu disepakati bersama. Hal lain yang tidak kalah pentingnya disiapkan pihak sekola penyelenggara Pendidikan adalah rekomendasi dari puskesmas/Pusban diwilayah masing-masing serta membentuk Satgas Covid-19 di sekolah yang terdiri dari guru dan orang tua siswa. 

Terakhir, “sebagai bahan pertimbangan, Kepala sekolah mengajukan permohonan rencana KBM TB ke Disdikbud Kukar dengan melampirkan fotokopi kegiatan-kegiatan dimaksud diatas setelah disepakati dan ditandatangani bersama komite sekolah serta kepala UPT Layanan pendidikan Kecamatan masing-masing," tandasnya.

Berita Lainnya