PEMERINTAH MELARANG ASN KELUAR DAERAH SAAT LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU

Penulis: Admin
PEMERINTAH MELARANG ASN KELUAR DAERAH SAAT LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU

Surat Edaran (SE) Menpan RB Nomor 72/2020 mengharuskan setiap Apatatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak berpergian ke luar daerah, apakah ini juga pertanda bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara juga akan melakukan pengetatan pemberian izin perjalanan keluar daerah terhadap ASN pada saat cuti libur natal dan tahun baru 2021. Seperti diketahui bahwa sangsi bagi ASN yang melanggar aturan ini adalah hukuman disiplin sebagaimana diatur dalam PP No.53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP No.49/2018 tentang Manajemen PPPK. Dikonfirmasi terkait edaran Menpan tersebut, Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar mengatakan Bahwa ASN di Kukar sudah mengerti soal ini. Sehingga ASN di Kukar, kata dia tidak akan bepergian selama libur natal dan tahun baru.
"Saya pikir mereka sudah dalam kondisi tidak bakal keluyuran karena mereka juga menjaga," kata Chairil, Senin (28/12/2020). Kendatipun nantinya ada hal-hal yang mewajibkan ASN untuk keluar daerah, ada empat hal yang perlu diperhatikan oleh ASN Yakni, Peta zonasi risiko penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19, Peraturan atau kebijakan pemerintah daerah asal dan tujuan perjalanan mengenai pembatasan keluar dan masuk orang, Kemudian Kriteria, persyaratan, dan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan bersama Satgas Penanganan COVID-19, dan protokol kesehatan oleh Kementerian Kesehatan. Selain itu, Wakil Bupati Chairil juga menambahkan terkait informasi masih banyaknya ASN yang terpapar Covid-19.
Dimana klaster perkantoran yang semula berasal dari keluarga, dan jumlahnya yang kian hari masih terus bertambah. "Hampir setiap Minggu selalu Saja ada kabar ASN yang terpapar Covid-19," bebernya. "Sehingga dari situ mereka tentu akan mempertimbangkan hal ini secara matang jika Berniat melakukan perjalanan keluar daerah," tandasnya.

Berita Lainnya