Bahteramsyah Menghadiri Pengukuhan Pejabat Pengelola Informasi Desa (PPID) Di Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang

Penulis: Admin
Bahteramsyah Menghadiri Pengukuhan Pejabat Pengelola Informasi Desa (PPID) Di Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang

Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa (PPID) Dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Kepala Desa Bhuana Jaya Frank Efendi,disaksikan langsung oleh anggota KPID Propinsi Kaltim Erni Wahyuni,Kadis Kominfo Bahteramsyah didampingi pejabat struktural bidang yang terkait ,Dinas PMD Seketaris Zulkifli serta Perwakilan kecamatan tenggarong seberang.Rabu(16/12/2020)

Pengukuhan PPID Desa yang mengacu pada Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 yang mengamanatkan pentingnya akselerasi keterbukaan informasi publik di desa serta meLounching media informasi milik desa seperti website,Radio Fm, dan beberapa aplikasi berbasis android/ios.merupakan sebagai langkah awal pembentukan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID)di desa Bhuana Jaya

Saat menyampaikan sambutannya, Kepala Desa Bhuana Jaya Frank Efendi mengatakan PPID desa dibutuhkan untuk meminimalisir maraknya berita bohong atau hoaks yang beredar.

"PPID harus mampu menyajikan informasi cepat, akurat, dan akuntabel. Hal ini diperlukan untuk menangkal atau setidaknya meminimalisir maraknya hoaks atau berita bohong di masyarakat," ujar Frank.

,"Ditambahkan Frank Efendi ,Desa Bhuana jaya kecamatan Tenggarong Seberang saat ini direncanakan akan jadi sentral Bawang Merah. Kini Desa tersebut, bisa dijadikan percontohan dalam pengembangan budidaya tanaman hortikoltura khususnya bawang merah. keberhasilan budidaya bawang merah ini sangat luar biasa, Untuk itu kata Kades Frank Efendi pengembangkan bawang merah yang ada di Desa Bhuana Jaya terus kita lakukan dan sementara memang desa kami ini sebagai Pilot Project di Kabupaten Kutai Kartanegara,” katanya.

Sementara itu Kadis Kominfo Kukar Ir.Bahteramsyah dalam sambutannya menyampaikan tentang fungsi kediskominfoan terkaid dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK),Hampir setiap aspek kehidupan kita menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). TIK membantu menghemat waktu, menghemat biaya, dan masih banyak lagi.

,"Dalam dunia komputer ada tiga objek utama yang terlibat di dalamnya, seperti hardware, software dan brainware. Software adalah perangkat lunak yang di gunakan pada hardware, Hardware adalah perangkat keras di gunakan untuk menjalankan perangkat lunak, dan yang terakhir adalah Brainware yang menjalankan hardware dan software. Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoperasikan perangkat komputer.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Hak atas Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan Informasi Publik.tegas bahteramsyah.

,"Pedoman ini sebagai acuan mengenai ruang lingkup, tanggungjawab dan wewenang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) diskominfo Kukar sebagai PPID utama didaerah untuk melakukan pembinaan terhadap PPID pembantu dalam menyediakan informasi tertentu melalui mekanisme pelaksanaan kegiatan Pelayanan Informasi Publik.
Tujuannya adalah :
–Mendorong terwujudnya implementai UU KIP secara efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi ;
–Memberikan standar bagi Pejabat PPID dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik;
–Meningkatkan pelayanan Informasi Publik di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),Kecamatan dan Desa untuk menghasilkan layanan Informasi Publik yang berkualitas;pungkasnya.

Adapun susunan pengurus Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) desa Bhuana Jaya dengan masa kepengurusan thn 2020 s/d 2026 antara lain:
Ketua.Heriansyah
Sekretaris.Nita Tri Utami
Anggota.Irfan Aditia Sanjaya
Anggota. Syaifullah

(tim-pkp)

Berita Lainnya