Diperbarui 36 menit lalu

HUMAS KUKAR FOTO

BAGIAN PROTOKOL & KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Pemuda dan Olahraga

Bupati Apresiasi Pemuda Tanam 1001 Mangrove di Pantai Marangkayu

Bupati Apresiasi Pemuda Tanam 1001 Mangrove di Pantai Marangkayu

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengapresiasi atas inisiatif menanam mangroove oleh gabungan pemuda Marangkayu bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kukar, Pramuka Saka Bahari, Mahasiswa serta Komunitas Pemerhati Lingkungan (KPL) tergabung dalam Gerakan Menanam 1001 Mangrove di Pantai Kersik, Kecamatan Marangkayu.

“Saya berharap proses ini tidak hanya selesai sampai tahap penanaman. Perlu adanya komitmen bersama untuk terus menjaga dan melestarikan hutan mangrove khususnya di wilayah pesisir pantai Marang Kayu,” kata Edi Damansyah sebelum memulai penanaman 1001 mangrove.

Menurut Edi, wilayah pesisir merupakan ekosistem transisi yang dipengaruhi daratan dan lautan, yang mencakup beberapa ekosistem, salah satunya adalah ekosistem hutan mangrove. Ekosistem hutan mangrove juga sebagai sumber daya alam yang memberikan banyak keuntungan bagi manusia, karena produktivitasnya yang tinggi serta kemampuannya memelihara alam.

“Ya, mangrove ini memiliki berbagai fungsi dan manfaat baik secara fisik, biologi maupun ekonomi, diantaranya sebagai penahan abrasi pantai, penahan intrusi (peresapan) air laut ke daratan, penahan badai dan angin yang bermuatan garam, serta dapat menurunkan kandungan karbondioksida di udara,” ujarnya.





© 2013 - 2014 Humas & Protokol Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Developed by Numesa