PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Buka Rakor FKUB se-Kukar

Sosial Budaya    6 bulan yang lalu   
   129 Kali

Sumber Foto: Suasana Sekda Kukar Buka Kegiatan Rakor Forum Kerukunan Umat Beragama (FPK)

TENGGARONG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Kabupaten Kukar, di Pendopo Odah Etam, Rabu (13/11/2019).

Acara tersebut digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar, dengan tema “Membangun Sinegritas Antar FKUB Kabupaten Dengan FKUB Kecamatan Dalam Rangka Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama dan Kondusifitas Wilayah di Kabupaten Kukar”.

Ketua Panitia Zulkifli mengatakan, Rakor FKUB se-Kabupaten Kukar periode 2019 ini diikuti oleh 108 peserta terdiri dari 18 camat, 18 Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan dan 72 orang pengurus FKUB kecamatan se Kukar sebanyak 90 orang.

“Rakor ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada peserta dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan umat beragama kepada Tuhan Yang Maha Esa, stabilitas keamanan dan persatuan dan kesatuan umat beragama terutama di wilayah Kabupaten Kukar,” ucap Zulkifli.

Lebih lanjut Zulkifli mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya menyamakan langkah persepsi dan pola pikir, pola sikap, toleransi terhadap penguatan komitmen dan peningkatan kualitas keimanan para tokoh dan umat beragama khususnya di wilayah kabupaten Kukar, serta meningkatkan dan menciptakan situasi aman, kondusif dan stabilitas keamana dan persatuan umat beragama di tanah air terutama di wilayah Kukar.

“Melalui Rakor ini, dapat menjadi forum diskusi antara jajaran pemerintah dan peserta (masyarakat) sebagai penguatan komitmen dan peningkatan kualitas keimanan para tokoh dan umat beragama khususnya di wilayah kabupaten Kukar,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah yang dibacakan oleh H Sunggono mengatakan, menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini, selain ajang silaturahmi, juga sebagai wadah untuk saling berbagi dan bertukar informasi terkait penguatan komitmen para tokoh agama dalam menjaga keamanan dan kondusifitas melaksanakan ibadah dan keyakinannya. Tentunya dengan harapan dapat mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kerukunan umat beragama sehingga terjalin toleransi dalam kehidupan umat beragama dan kondusifitas di wilayah Kukar.

“Melalui forum ini, diharapkan bisa menambah bekal ilmu pengetahuan dan wawasan dalam mengoptimalkan pengembangan dan nilai kesadaran serta terjalin toleransi yang baik antar umat beragama, keberadaan forum ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menggerakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup bertoleransi agama dan tetap menjaga keutuhan bangsa,” ujarnya.

Melalui Rakor FKUB ini, diharapkannya dapat membantu pemerintah mencegah terjadinya konflik sara dan juga dapat mewujudkan kerjasama antar pemeluk agama dalam mendukung pembangunan daerah, terbangun pola kerja yang sinergis dengan pemerintah mulai tingkat desa/kellurahan, kecamatan hingga kabupaten, sehingga menjadi kesatuan gerak yang dapat mencegah, mendeteksi dan merdam serta menyelesaikan permasalahan konflik sosial bernuansa agama tingkat bawah sehingga tidak menyebar lebih luas.    

Untuk diketahui sebagai narasumber pada rakor FKUB tersebut Sekda Kukar, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kukar, Kepala Kejaksaan Negeri Tenggarong, Ketua Forum kerukunan Umat Beragama Kabupaten Kukar, dan Kepala Kesbangpol. (Medsi02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini95 pengunjung
Minggu Ini830 pengunjung
Bulan Ini3.851 pengunjung
Total Pengunjung26.725 pengunjung
Total Klik795.357 Kali