PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Musim Penghujan, Jaga Kebersihan dan Normalkan Drainase

Sosial Budaya    1 bulan yang lalu   
Administrator    23 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar H Sunggono (kaos orange berjaket kulit dan bertopi) saat meninjau sejumlah titik rawan banjir di Tenggarong

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, melalui Sekretaris Daerah Kukar H Sunggono mengimbau masyarakat untuk waspada banjir, dengan terus menjaga kebersihan lingkungan, terutama tidak membuang sampah sembarangan yang akan menyebabkan tersumbatnya drainase atau saluran air.

"Kita memasuki musim penghujan, tentu drainase atau parit-parit harus berfungsi dengan baik, saya harap masyarakat ikut menjaga agar darinase lancar tidak tersumbat, diantaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya saat meninjau lokasi rawan banjir di sejumlah titik di Tenggarong, Selasa (14/1).  

Untuk diketahui sejak beberapa hari terakhir, Tenggarong diguyur hujan sedang hingga lebat. Terlihat beberapa drainase di titik rawan banjir di Kota Raja tak kuasa menahan jumlah debit air hujan, pada Selasa (14/1) pagi itu, sehingga air sempat meluap ke jalan meski ketinggiannya tidak melebihi lutut orang dewasa. Diantaranya di Tambak Rel, Jl H. Djafar Seman, Jl Durian, Jl Stadion, serta di Jl Naga.

Sekda Kukar H Sunggono bersama beberapa stakeholder terkait, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum (PU), Satpol PP, dan Danramil Tenggarong, turun meninjau lokasi meluapnya air tersebut, kemudian membantu warga yang terkena dampak genangan air, serta ikut membersihkan drainase agar air mengalir lancar. Sunggono juga mendengarkan keluhan dan saran dari masyarakat sekitar agar air tidak lagi menggenang.

Menurut Sunggono, penyebab masih terjadinya genangan di beberapa titik ini karena drainase tidak dapat menampung debit air yang cukup tinggi karena hujan lebat yang terjadi beberapa hari terakhir. Kemudian, selain permasalahan drainase, menurutnya penurunan tanah dan ketinggian jalan dan drainase yang sama menyebabkan air tidak dapat masuk ke drainase secara maksimal.

"Alhamdulillah, Tenggarong masih aman dari banjir. Hal ini juga berkat ikhtiar kita dengan proyek pengerjaan gorong-gorong yang dibuat oleh Pemkab Kukar sejak akhir tahun kemarin, aliran air yang menggenang di jalanan bisa cepat dialirkan kesungai Mahakam.  Meski ada genangan air, hal tersebut kembali surut selama 1 jam. Tetap waspada, kedepan kolaborasi dengan beberapa stakeholder dan dukungan masyarakat akan terus dilakukan untuk memastikan drainase berfungsi dengan baik," demikian ujarnya. (dokpim05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini37 pengunjung
Minggu Ini1.012 pengunjung
Bulan Ini3.970 pengunjung
Total Pengunjung14.933 pengunjung
Total Klik387.989 Kali