PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Serahkan 1.280 Sertifikat Tanah PTSL Bagi Masyarakat Kukar

Sosial Budaya    5 bulan yang lalu   
Administrator    116 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyerahkan sertifikat PTSL secara simbolis kepada salah satu perwakilan masyarakat.

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyerahkan sebanyak 1.280 sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat Kukar yang merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2019 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kukar, pekan tadi di halaman Kantor Bupati Kukar.

Hadir pada acara tersebut Direktorat  Pemberdayaan Hak Atas Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang RI Edi Muntawar, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kaltim Mazwar, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar, beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kukar.

Kepala BPN Kukar Farid Hidayat mengatakan masyarakat Kukar yang berkesempatan mendapatkan sertifikat tersebut berasal dari beberapa desa yang berada di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Muara Badak dan Kecamatan Muara Kaman.

"Rincian sertifikat yang dibagikan diantaranya sertifikat Non Lintas sektor sebanyak 1.093 sertifikat, sertifikat lintas sektor pembudidayaan perikanan sebanyak 27 sertifikat dan sertifikat lintas sektor Usaha Kecil Menengah sebanyak 160 sertifikat," ucap Farid Hidayat.

Sementara, Kepala BPN Provinsi Kaltim Mazwar mengatakan program PTSL tersebut merupakan program nasional yang ditujukan guna memberikan kepastian hukum hak atas tanah masyarakat, dimana untuk di Kukar menurutnya target sebanyak 9.311 sertifikat yang akan diselesaikan paling lambat tahun 2024.  

"Masyarakat tidak perlu datang ke BPN, nanti petugas BPN yang akan jemput bola mendatangi masyarakat, setiap tahapannya gratis," ucap Mazwar.

Lebih lanjut, mazwar meminta kepada masyarakat untuk menjaga sertifikat yang telah dibagikan tersebut dengan baik, ia juga meminta masyarakat agar tidak melaminating sertifikat dikarena pendaftarannya berlanjut.

"Jaga sertifikat dengan baik, jangan dilaminating apa lagi sampai hilang, dan tanah yang telah sertifikat agar dipasang patok guna menghindari sengketa batas tanah," ucap Mazwar.

Sementara itu, Edi Damansyah mengapresiasi kinerja BPN beserta jajarannya, menurutnya program pemberian sertifikat PTSL di Kukar yang telah berjalan dengan baik tersebut tidak lepas dari sinergisitas diantara tiga pilar penting pembangunan yaitu Pemerintah, Dunia usaha dan masyarakat sehingga program nasional bisa terlaksana dan bersinergi dengan baik di Kukar.

"Terimakasih kepada seluruh masyarakat atas partisipasinya sehingga kegiatan ini selesai sesuai dengan target, apa yang telah dilaksanakan ini merupakan bentuk sinergisitas bersama dengan semangat Betulungan Etam Bisa," ucap Edi Damansyah.

Lebih lanjut, Edi mengingat kepada masyarakat agar sertifikat yang telah dimiliki tersebut untuk dijaga dan digunakan dengan baik, namun dirinya juga meminta masyarakat untuk menjaga dan memantau tanah yang telah disertifikat tersebut.  

Ditambahkannya, apa yang telah dilaksanakan pemerintah terhadap kewajibannya dalam memberikan kepastian hukum hak atas tanah juga diiringi niat masyarakat agar taat dalam melakukan pembayaran pajak.

"Saya ingatkan kembali pemerintah telah melaksanakan kewajibannya, untuk masyarakat jangan lupa bayar pajaknya, karena hasil dari pajak tersebut nantinya kembali kemasyarakat untuk pembangunan," ucap Edi Damansyah.(Hendroaldino-Medsi08).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini47 pengunjung
Minggu Ini1.025 pengunjung
Bulan Ini3.819 pengunjung
Total Pengunjung27.655 pengunjung
Total Klik804.608 Kali