PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Edi Buka Pekan Kebudayaan Begenjoh

Sosial Budaya    1 bulan yang lalu   
Administrator    42 Kali

Sumber Foto: Pembukaan Pekan Kebudayaan

TENGGARONG - Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan (Disikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara  menggelar Pekan Kebudayaan Kukar Begenjoh selama 4 hari yang dipusatkan di halaman Planetarium Jagad Raya Tenggarong.

Pekan Kebudayaan Kukar Begenjoh mulai dibuka pada Rabu (4/12/2019) oleh Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah di tandai dengan  pemukulan gendang. Acara tersebut digelar hingga 7 Desember 2019 dengan menampilkan berbagai hiburan seperi lomba dan permainan tradisional.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyambut positif dengan kegiatan Pekan Kebudayaan Kukar Begenjoh yang untuk pertama kalinya digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar.

“Saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini yang tujuan utamanya yakni pelestarian dan penyampai pesan moral kepada kita semua, bahwa kekayaan itu tidak hanya bebentuk benda namun adapula yang berbentuk non benda berupa seni dan budaya yang semua itu akan terjaga dengan baik jika rasa kebersamaan dan toleransi terpatri disanubari kita semua,” ujarnya.

Edi berharap melalui event budaya ini dapat menampilkan eksistensi budaya yang dimiliki dan dapat terpelihara dengan baik serta menjadi bagian dalam mendukung Ibu Kota Negara di wilayah Kukar. “Kita harapkan  Kukar menjadi daerah yang maju, tanpa meninggalkan ciri khas adat istiadat dan budaya daerah kita,” harapnya.

Sementara itu Plt Kepala Disdikbud Kukar, Ikhsanuddin Noor mengatakan, Pekan Kebudayaan Kukar Begenjoh merupakan gelaran untuk yang pertama kalinya yang dilaksanakan Disdikbud.

“Kita berharap kegiatan ini rencanaya akan dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya,” ucapnya.

Ikhsanuddin berharap agar kedepannya kegiatan ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisata Kukar di masa mendatang.

Pembukaan Pekan Kebudayaan Begenjoh dirangkai dengan pemberian penghargaan Piagam  Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Kementrian Kebudayaan RI yakni Tari Dewa Memanah dan Tari Ganjar Keraton yang keduanya merupakan seni budaya dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura./// Yli-Medsi03 ////


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini8 pengunjung
Minggu Ini680 pengunjung
Bulan Ini2.643 pengunjung
Total Pengunjung9.987 pengunjung
Total Klik214.068 Kali