PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Unikarta Diharapkan Terus Cetak Figur Adaptif dan Responsif

Pendidikan    6 bulan yang lalu   
Administrator    80 Kali

Sumber Foto: prosesi Wisuda Unikarta yang dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar. (prokom)

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki harapan besar agar Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) terus melahirkan generasi intelektual yang memiliki kapasitas ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan, skills, dan kepribadian yang dibutuhkan bagi pembangunan Kukar.

Diharapkan, para lulusan Unikarta sebagai human capital (modal intelektual yang bersifat kolektif)-nya 'Kampus Ungu' tampil menjadi figur-figur yang adaptif (mudah menyesuaikan diri dengan keadaan) dalam bursa kerja, berkemampuan yang responsif (cepat merespon) terhadap fenomena sosial yang berkembang di sekitarnya. Apalagi saat ini Kaltim telah ditetapkan sebagai kawasan baru Ibu Kota Negara (IKN).

"Tentunya, wilayah kita akan menjadi penyangga strategis bagi pembangunan kawasan IKN ke depannya, buka semata dari aspek infrastrukturnya melainkan suprastrukturnya," ujar Bupati Kukar Edi Damansyah melalui sambutan tertulisnya yang dibawakan oleh Asisten I Ahkmad Taufik Hidayat saat wisuda Pasca Sarjan (S2) ke-19 dan Sarjana (S1) ke-35 tahun Akademik 2019-2020 di gedung Putri Karang Melenu, Tenggarong Seberang, akhir pekan tadi.

Bupati juga menekankan, agar lulusan Unikarta bukan hanya teruji berkualitas secara hardskills-nya. Tapi juga kemampuan softskills, seperti komunikatif, kepemimpinan, inisiatif, kemauan dan motivasi yang tinggi, komitmen, pengambilan keputusan, optimisme menghadapi hidup, pemecahan masalah, integritas diri, dan keramahan.

"Ini sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kerja. Dan untuk menuju ke arah sana Unikarta harus terus bertrasformasi baik secara keilmuan maupun manajemen kelembagaannya," ujarnya.

Untuk diketahui, prosesi Wisuda Unikarta tersebut berjumlah 357 orang yang terdiri dari 315 orang sarjana S1 dan 42 orang pascasarjana S2. Mereka resmi menyandang titel sarja S1 maupun titel pascasarjana S2, setelah pemindahan tali toga dan penyerahan ijazah yang dilakukan oleh Rektor Unikarta Erwinsyah.  

Proses pelaksanaan wisuda Unikarta ini berjalan tertib dan khidmat, walaupun sejak pagi hingga siang kota Tenggarong dan Tenggarong Seberang diguyur hujan. Selain dihadiri pihak keluarga/kerabat dari para wisudawan, acara ini juga dihadiri, perwakilan Forkopimda, kepala OPD, sejumlah tokoh masyarakat, Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI Kalimantan dan Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XI Kalimantan. (Dokpim05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini175 pengunjung
Minggu Ini1.575 pengunjung
Bulan Ini6.023 pengunjung
Total Pengunjung41.066 pengunjung
Total Klik1.112.307 Kali