PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Disdikbud Gelar Bimtek Pra RKAS BOS 2020

Pendidikan    1 bulan yang lalu   
   399 Kali

Sumber Foto: Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara Ikhsanuddin Noor membuka bimbingan teknis pembuatan pra Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Biaya Operasional Sekolah (BOS) Nasional dan Kabupeten tingkat SD/Madrasyah Ibtidayah tahun anggaran 2020, di Hotel Grand Elty Tenggarong.

TENGGARONG –Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara Ikhsanuddin Noor membuka  bimbingan teknis pembuatan pra Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Biaya Operasional Sekolah (BOS) Nasional dan Kabupeten tingkat SD/Madrasyah Ibtidayah tahun anggaran 2020, di Hotel Grand Elty Tenggarong, Senin (4/11).

Ikhsanuddin mengatakan aplikasi RKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana BOS di satuan pendidikan dasar atau yang sederajat .

Ia berharap melalui bimtek ini agar sekolah dapat merencanakan kebutuhannya dengan baik dan lengkap menggunakan aplikasi yang masih tergolong baru. Aplikasi ini diharapkan bisa mempermudah pihak sekolah dalam menyusun perencanaan belanjanya. Dalam merancang kebutuhannya dalam setahun kedepan, sekolah betul – betul akurat dan valid dan tidak tertinggal.

Bimbingan teknis ini sekaligus dalam rangka merencanakan kebutuhan sekolah dengan sebaik – baiknya dan selengkap-lengkapnya menggunakan aplikasi yang masih tergolong baru, dimana aplikasi ini diharapkan lebih mempermudah sekolah dalam menyusun perencanaan belanjanya, tujuan didalam perencanaan di sekolah.

Untuk itu diharapkannya dalam merencanakan bisa lebih akurat dan valid dengan demikian tidak ada yang tertinggal, terlupakan apalagi jika memang penyelanggaraan ini memanfaatkan manajemen berbasis sekolah, sehingga betul – betul melibatkan warga sekolah dalam menyusun semua perencanaan.
"Dengan demikian kita berharap kedepan tidak ada lagi masalah – masalah yang terkait dengan penatausahaan keuangan  yang tidak sesuai dengan ketentuan," ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana acara itu Rosita Titik Lestari yang juga Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD  Disdikbud Kukar mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka peningkatan kompetensi Kepala Sekolah dan pengelola BOS di sekolah, dalam penatausahaan dan pertanggungjawaban Bosnas dan Boskab untuk jenjang SD/ MI sederajat. Dilaksanakan dari Tanggal 4 - 14 November 2019 yang dibagi dalam beberapa angkatan.

Untuk Angkatan pertama dilaksanakan,  Senin 4-5 November 2019  diikuti sebanyak 220 0rang yang terdiri dari para kepala sekolah dan pengelola bos dari 5 ( lima ) kecamatan, yaitu Kecamatan Tenggarong 39 kepala sekolah dan 39 orang pengelola Bos, Kecamatan Loa Janan 29 Kepala Sekolah dan 29 pengelola, Muara Wis 11 kepala sekolah 11 pengelola, Kecamatan Tabang 28 orang, Muara Muntai 34 orang.

Sedangkan Angkatan II dilaksnakan Tanggal  6-7 November 2019 dengan jumlah 204 orang yang berasal dari  Kota Bangun 37 kepala sekolah dan 37 pengelola bos, Sebulu 16 kepala sekolah dan 16 pengola bos, Muara Jawa  18 /18 ,  Kembang Janggut 15 kepala sekolah 15 pengeola bos, Sanga Sanga 16 /16 , Sedangkan Angkatan III akan dilaksanakan pada Tanggal  11-12 November dengan jumlah peserta   216 orang yang berasal dari Kecamatan Kenohan 14 kepala sekolah dan 14 pengelola bos, Muara Kaman 68 ( 34/34 )  orang Tenggarong Seberang 29/29 serta kecamatan  Loa Kulu 62 orang yang terdiri dari 31 kepala sekolah dan 31 pengelola bos. Sedangkan nara sumber bersasal dari BKPAD Kukar serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar, jelas Rosita Titik Lestari. ( Medsi 04 ).

 

 

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini5 pengunjung
Minggu Ini548 pengunjung
Bulan Ini2.549 pengunjung
Total Pengunjung6.398 pengunjung
Total Klik67.310 Kali