PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati: Visi Pemkab Bidang ke-Islaman Berhasil

Pendidikan    1 bulan yang lalu   
Administrator    22 Kali

Sumber Foto: Pembukaan Diklat Tahfidz Al Quran; pembukaan Diklat juga dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman Tilawati Education Center (TEC) dengan Kemenag Kukar dan kesepahaman TEC dengan Karang Taruna Kukar, disaksikan Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Pembangunan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Wicaksono Subagyo (batik biru). (prokom)

TENGGARONG - Visi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di bidang ke-Islaman dan pembinaan sumber daya manusia diklaim cenderung berhasil.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan tahun 2019 lalu menjadi tahun pamungkas bagi Pemkab Kukar dalam menuntaskan visi dan misi pemerintah di bidang ke-Islaman dan pembinaan sumber daya manusia. Setelah mampu memberdayakan masyarakat muslim dalam  pemberantasan buta aksara  Al-Quran. Melalui Gerakan Etam Mengaji (Gema) maka titik keberhasilan pemerintah diantaranya ditunjukkan terjadi dalam tiga tahun terakhir yaitu, 2017, 2018 dan 2019. Pada tiga tahun tersebut Kukar berhasil menjadi juara pada Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingat Provinsi Kaltim di Penajem Paser Utara, Berau serta Paser.

Menurutnya sejak program Gema yang tertuang dalam Peraturan Bupati No 24 tahun 2016 dicetuskan, lembaga – lembaga Tahfiz Quran mulai marak bermunculan. Seperti Baitul Quran, rumah Hafiz Quran, Rutaba Hafizah Quran, Jamiyatul Quran dan sebagainya, membuktikan maraknya pembelajaran Al-Quran dan penghafalannya di Kukar.
 
“Tentunya pemerintah daerah  sangat positif merespon keberadaan lembaga – lembaga Tahfiz ini, kondisi ini sekaligus menjadi indikasi bahwa visi Pemerintah Kab Kukar dibidang ke-Islaman dan pembinaan sumber daya manusia cenderung berhasil,” ujar Edi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Pembangunan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Wicaksono Subagyo, saat membuka Dikla guru tahfiz Quran metode Tilawati se Kaltim-Kalimantan Utara, di Pendopo Bupati Kukar, akhir pekan tadi.

Disampaikannya, Pemkab Kukar menyokong penuh kegiatan tersebut, dan berharap agar semua komponen yang terlibat dalam kegiatan itu mampu mencapai target kualitas pembelajaran dan praktek hafalan tahfizh Quran metode Tilawati sebagaimana yang sudah direncanakan.

Diklat itu diikuti 30 orang peserta yang merupakan guru–guru Tahfiz Quran se Kaltim dan Kalimantan Utara menghadirkan narasumber dari Tilawati Nurul Falah Surabaya.

Dalam kesempatan itu dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman Tilawati Education Center (TEC) dengan Kemenag Kukar dan kesepahaman TEC dengan Karang Taruna Kukar. Hadir dalam acara tersebut Kepala Kemenag Kukar H Samanhudi, Direktur TEC Kukar Imam Wahyudi. //dokpim03///


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini46 pengunjung
Minggu Ini1.021 pengunjung
Bulan Ini3.979 pengunjung
Total Pengunjung14.942 pengunjung
Total Klik388.082 Kali