PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2019

Pendidikan    1 tahun yang lalu   
   243 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyerahkan sangsaka merah putih kepada pasukan pengibar bendera pada pelaksanaan Hardiknas tahun 2019

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah pimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 di lapangan Sepak Bola Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang, Kamis (2/5/2019). Kegiatan yang diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih dan pembacaan UUD 1945 serta pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara dan ditirukan oleh seluruh peserta upacara tersebut berjalan lancar dan khidmat.

Upacara dikuti peserta dari TNI, Polri, Satpol PP, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kukar, siswa-siswi di lingkungan Kecamatan Tenggarong Seberang tersebut juga dirangkai dengan Penandatanganan Pernyataan Komitmen Pelaksanaan Transaksi Non Tunai oleh beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kukar secara simbolis. Kemudian perjanjian kerjasama tentang pelaksanaan Program Kesehatan Pada Anak Usia Sekolah antara Dinas Kesehatan Kukar dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bankaltimtara cabang Tenggarong bersama seluruh kepala sekolah yang ada di Kukar tentang Pembukaan Rekening Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel).

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy mengatakan perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur kepada pembangunan sumber daya manusia, kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. 
Berkaitan dengan hal tersebut tema Hardiknas tahun 2019 yaitu Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan tersebut dianggap mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuaan.

Ditambahkannya, saat ini peserta didik didominasi generasi yang terlahir di era digital dan pesatnya tekhnologi, dimana menurutnya para generasi tersebut lebih mudah dan cepat menyerap teknologi baru, berkenan dengan hal tersebut Mendikbud berharap bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

Lebih lanjut, Muhadjir Effendy melalui momentum hardiknas tersebut mengajak seluruh insan pendidikan untuk konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional agar menitikberatkan pada pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Kukar Salehuddin, Sekda Kukar H Sunggono, unsur Musawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Tenggarong Seberang serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kukar.(Hendroaldino-Medsi08).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini79 pengunjung
Minggu Ini814 pengunjung
Bulan Ini3.835 pengunjung
Total Pengunjung26.709 pengunjung
Total Klik795.229 Kali