PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan, BNPB Gelar Simulasi

Pemerintahan    3 tahun yang lalu   
   738 Kali

Sumber Foto: Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kusuma Wardana saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Simulasi Penanggulangan Bencana di Hotel Grand Elty Singgasana.

TENGGARONG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Simulasi Penanggulangan Bencana di hotel Grand Elty Singgasana, Selasa (28/6) lalu. Simulasi dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kukar Kusuma Wardana yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada perwakilan perserta dari Kodim 0906 dan BPBD.

Dalam sambutannya, Kusuma Wardana mengatakan Pemkab Kukar selaku fasilitator sangat mendukung digelarnya kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Kutai Kartanegara, baik bencana banjir, tanah longsor, kebakaran dan bencana - bencana lainnya yang berpotensi menyebabkan timbulnya kerugian materiil maupun imateriil.

Diungkapkan Wardana, bahwa hotspot atau titik panas di Kaltim terbanyak berada di Kukar sehingga menjadikan Kukar sebagai daerah dengan potensi terjadinya bencana cukup tinggi, khususnya kebakaran hutan, untuk itu dituntut kesiapsiagaan pemerintah dalam mengantisipasinya.

"Dari data yang ada titik panas atau hotspot terbanyak di Kaltim berada di Kukar dengan 392 titik, kedua di Kutim 299 dan ketiga di Kubar 199 dan yang paling sedikit yakni Balikpapan. Dengan banyaknya titik panas di Kukar tersebut potensi terjadinya kebakaran hutan sangat besar,"  ujar Wardana.

Wardana berharap dengan simulasi ini para peserta dapat meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi terjadinya berbagai bencana yang akan terjadi.

Simulasi penanggulangan bencana berlangsung selama 5 hari  (27 Juni - 1 Juli 2016) diikuti perwakilan instansi terkait seperti : Kodim 0906 Tenggarong, Polres Kukar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kantor Camat Tgr, Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Diskominfo, RSU AM Parikesit, Bagian Administrasi Kesra, PMI Kukar, Pol PP, Dinas Kesehatan, Tagana, Dinas Sosial, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) dan BPKAD. (hmp 01/emge)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini11 pengunjung
Minggu Ini946 pengunjung
Bulan Ini3.633 pengunjung
Total Pengunjung13.209 pengunjung
Total Klik334.362 Kali