PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pura Payogan Agung Tenggarong Di Kunjungi Turis Mancanegara

Pemerintahan    11 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    2203 Kali

Sumber Foto: Salah Satu Ritual Persembahyangan Umat Hindu Dalam Balinnese Moon Festival

Kurang lebih Sebanyak  200 orang  umat Hindu yang turut hadir pada saat melakukan doa-doa tersebut yang diantaranya berasal dari Samarinda, Bontang, Tenggarong, dan Tenggarong Seberang umat Hindu Bali dan Jawa. Dan juga beberapa warga setempat yang ikut menyaksikan acara prosesi menjelang doa-doa tersebut.

--foto2--Adapun tujuan yang diadakannya acara Balinese Full Moon Festival ini  untuk mendoakan Cokorda Gede Suayasa yang merupakan pendiri Pura Payogan Agung yang ada di Jalan Loa Ipuh Tenggarong,yang telah meninggal pada tanggal 29 Maret 2008 lalu. dengan maksud agar beliau atmanya mendapat tempat di surga. Dan juga mendapat ketenangan, kebahagiaan sejati, mendapat pengampunan, agar diampuni dan dibebaskan dari segala dosa-dosanya. semua atma suci mendapat tempat disurga.
Dengan di adakannya di Lesong Batu Muara Kaman karena ditinjau dari sejarah Indonesia kuno, Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya 7 buah prasasti yang ditulis diatas yupa (tugu batu) yang ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan menggunakan huruf Pallawa. Berdasarkan paleografinya, tulisan tersebut diperkirakan berasal dari abad ke-5 Masehi.

Dari prasasti tersebut dapat diketahui adanya sebuah kerajaan dibawah kepemimpinan Sang Raja Mulawarman, putera dari Raja Aswawarman, cucu dari Maharaja Kudungga. Kerajaan yang diperintah oleh Mulawarman ini bernama Kerajaan Kutai Martadipura, dan berlokasi di seberang kota Muara Kaman.  “Berdasarkan sejarah itulah dan ikatan emosional antara masyarakat hindu dengan daerah ini, berdoa di sini terasa lebih afdol,” kata Ida Bagus. (HMP 07-14)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini21 pengunjung
Minggu Ini962 pengunjung
Bulan Ini3.893 pengunjung
Total Pengunjung14.308 pengunjung
Total Klik382.329 Kali