PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Program Inovasi Tambak Direvitalisasi atau MBAK RITA Masuk TOP 35

Pemerintahan    3 tahun yang lalu   
   1144 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Rita Widyasari dan Kadis Perikanan dan Kelautan Armaenadi berpoto bersama usai penerimaan penghargaan

JAKARTA – Program inovasi Tambak Di Revitalisasi atau “MBAK RITA“, kembali mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat, dimana sebelumnya program inovasi pelayanan publik tersebut masuk dalam penghargaan TOP 99 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (PAN RB), kali ini program inovasi “MBAK RITA” masuk dalam penghargaan TOP 35 Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2016.


Penghargaannya sendiri diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2016 Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (26/5).


Bupati Kukar Rita Widyasari disela-sela penerimaaan penghargaan mengatakan penghargaan TOP 35 merupakan penilaian terakhir yang dilewati oleh program inovasi MBAK RITA, dengan keberhasilannya menembus TOP 35, maka program inovasi tersebut dianggap sudah bisa untuk diaplikasiakan atau dicontoh oleh daerah lain.


“Keberhasilan program inovasi MBAK RITA, masuk dalam penghargaan TOP 35, menandakan program inovasi tersebut sudah bisa dan layak diaplikasikan untuk daerah lain,” ujar Rita.


Rita yakin program inovasi MBAK RITA akan banyak dicontoh oleh orang lain, untuk itu ia meminta Dinas Perikanan dan Kelautan dapat terus mengembangkan dan memantapkan program inovasi MBAK RITA tersebut. Ia mencontohkan dengan budi daya rumput laut yang telah dilakukan melalui program inovasi MBAK RITA, agar dilakukan turunannya seperti dibuat produk olahan seperti produk karagen, produk agar-agar, industri pangan, kimia, kosmetika, dan lain sebagainya. Dengan terus membuat inovasi-inovasi yang benar-benar mantap, ia berharap program tersebut tidak saja layak untuk diadopsi, namun juga sebagai bukti bahwa melalui MBAK RITA Kukar memang pantas mendapatkan penghargaan tersebut.


“Saya yakin kedepannya banyak daerah yang akan mencontoh program inovasi ini, jadi tanggungjawab kita untuk terus memantapkan dan mengembangkannya. Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk masyarakat Kukar, karena program inovasi MBAK RITA telah melibatkan para penambak, para pengusaha, dan tentunya pemerintah, untuk saling bekerjasama dalam mensejahterakan masyarakat, ” ujar Rita lagi
Untuk diketahui Melalui program inovasi MBAK RITA, Pemkab Kukar melalui Dinas Perikanan dan Kelautan mengajak masyarakat untuk mengaktifkan kembali tambak–tambak yang ditinggalkan masyarakat dengan membudidayakan komoditas yang cocok dan tepat.


Program inovasi MBAK RITA memerlukan biaya sangat murah. Mudah diaplikasikan karena teknologi budi dayanya dapat dikuasai petambak tradisional dengan baik, mudah dan cepat, budi daya telah memberikan jaminan kepastian pendapatan, sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru, dengan komoditas yang mudah dipasarkan dan memiliki tingkat risiko sangat kecil. Selain itu, tambak yang selama ini tidak berfungsi atau tidak aktif, ternyata bisa memberikan hasil yang signifikan terhadap petani tambak.(hmp02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini24 pengunjung
Minggu Ini965 pengunjung
Bulan Ini3.896 pengunjung
Total Pengunjung14.311 pengunjung
Total Klik382.427 Kali