PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Polres Kukar Siap Amankan Acara Balinese Full Moon Festival

Pemerintahan    12 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    1011 Kali

Sumber Foto:

Sidang  yang dipimpin Ketua DPRD Rahmat Santoso, dihadiri sebagian besar anggota dewan, Plt.Bupati Bupati Drs H Samsuri Aspar MM dan sejumlah pejabat teras pemkab serta unsur Muspida berjalan tertib dan lancar.

Dalam sidang paripurna itu semua anggota dewan menyetujui Rancangan Perda  zakat untuk disahkan menjadi Perda. Hanya saja ada tiga fraksi yakni  Fraksi Golkar, Fraksi PDI-P dan Fraksi AKR yang memberikan catatan agar pengelolaan zakat yang tertuang dalam Perda itu segera disosialisasikan kepada masyarakat.

Fraksi PDI-P misalnya melalui juru bicara Ir .Marten Apuy meminta agar Perda zakat ini segera disosialisasikan. “ Ketentuan zakat yang wajib dilakukan oleh masyarakat yang mempunyai harta berlebihan harus disosialisasikan, agar masyarakat mengetahuinya “ kata  Marten Apuy.

Berbeda dengan Marten Apuy, H.Suriadi,S.Hut juru bicara Fraksi AKR itu  mengungkapkan bahwa  perintah zakat merupakan penterjemahan bagaimana islam mengatur sistem ekonomi agar bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan umat  terutama  para fakir miskin. “  Perda ini menjadi sangat penting untuk ditempatkan dalam koridor hukum dan menjadi instrument pengelolaan zakat agar lebih professional dan berdaya dorong bagi  orang yang memiliki harta berlebih agar mau membayar zakat, kemudian didistribusikan secara profesional kepada masyarakat melalui lembaga/badan yang diatur secara hukum “ pinta Suriadi.

Suriadi juga mengatakan  agar lembaga atau badan pengelola zakat  harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM), memiliki kemampuan dan ketulusan dalam bekerja agar pengelolaan zakat bermanfaat bagi kemajuan daerah.

Sedangkan Plt.Bupati  Drs H Samsuri Aspar MM mengharapkan agar pengelolaan zakat terus dimaksimalkan agar berdayaguna dan dapat dipertanggungjawabkan kepada seluruh masyarakat dan pada akhirnya  membantu mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu  Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kukar Drs.HAM Alimuddin Mandu MM menyambut gembira dengan telah disahkannya Raperda Zakat menjadi Perda oleh DPRD Kukar.

Persaan gembira dan himung  itu masih tersirat saat ditemui media ini kemarin yang tengah sibuk menyiapkan bahan dan materi sosialisasi zakat dibeberapa lembaga pendidikan yang akan dilangsungkan selama bulan April hingga Mei mendatang.

Menurut Alimuddin  Perda ini berfungsi sebagai  payung hukum dalam pengelolaan zakat dan dapat memotivasi segenap pengurus BAZ untuk lebih giat lagi dalam menjalankan tugas.
Dia juga memaparkan dengan adanya Perda  ini maka akan membangkitkan kesadaran masyarakat dan akan memperluas jangkauan penyaluran bantuan kepada fakir miskin  dan peningkatan SDM serta menggelorakan  syiar Islam.

“ Kami akan segera mengambil langkah konkret untuk menyosialisasikan Perda zakat ini kepada seluruh lini dan segmen masyarakat melalui berbagai media “ tegas  Alimuddin. ( hmp21)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini87 pengunjung
Minggu Ini822 pengunjung
Bulan Ini3.843 pengunjung
Total Pengunjung26.717 pengunjung
Total Klik795.298 Kali