PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pembangunan Venue Gantole terus dikebut.

Pemerintahan    12 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    1161 Kali

Sumber Foto: Suasana apel peringatan Hari Otonomi daerah

Dikatakan pula, tidak kurang ada 8 UU  tentang Otda  yang telah dibuat sejak Indonesia merdeka  hingga saat ini. Sementara pelaksanaan Otda yang sesungguhnya baru dimulai sejak dicanangkannya proyek percontohan penyelenggaraan otonomi di 26 Daerah Tingkat II tahun 1995 silam. ”Sejak pencanangan itu  akhirnya  lahirlah  UU  Otda pasca reformasi pada tahun 1999,” ujarnya. Terlepas dari sejarah panjang yang melekat pada perjalanan konsepsi otda, maka penyelenggaraan otonomi sesungguhnya merupakan sebuah keniscayaan bagi negara kepulauan kita yang sangat luas serta beragam ini. Untuk itu, dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan, maka penyelenggaraan pemerintahan dengan sistem desentralisasi dipandang sebagai sebuah solusi terbaik. Ditambahkannya, sebagaimana diketahui, bahwa tujuan Otda sebagaimana  UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah adalah untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan  dan peran serta masyarakat.

Oleh karena itu Pemkab Kukar dituntut untuk terus menerus meningkatkan pelayanan kapada masyarakat seiring dengan tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan terus meningkat. Disamping itu untuk menyikapi Otda Pemkab kukar juga menerapkan grand strategi dalam bentuk program Gerbang Dayaku. Program ini menurutnya merupakan buah dari pelaksanaan Otda. ”Melalui program strategis ini, mampu   mengimplementasikan salah satu tujuan Otda  yakni mempercepat kesejahteraan  yang  direncanakan sendiri oleh masyarakat melalui mekanisme perencanaan partisipatif  dan bersifat bottom-up planning,” katanya.  Oleh sebab itu program Gerbang Dayaku tetap relevan dalam memajukan pembangunan di Kukar sehingga  peningkatan taraf kehidupan masyarakat dapat lebih dirasakan secara nyata. Dengan demikian diharapkan masyarakat   menjadi lebih peduli terhadap kegiatan serta program pembangunan yang dilaksanakan di lingkungannya.

Aspek lain dari Otda di Kukar adalah memberikan kemudahan dalam pelayanan publik. Salah satunya melimpahkan sebagian kewenangan Bupati  kepada Camat, yaitu khususnya dalam bidang perijinan.  Dengan tujuan untuk memperpendek alur  pelayanan publik sehingga masyarakat Kukar yang tersebar dapat mengakses dengan mudah dan murah. Kebijakan pelimpahan wewenang itu hingga saat ini tetap berjalan dan cukup berhasil.” katanya.  Buktinya dari hasil yang dicapai selama ini dapat dilihat dari  indikator sosial ekonomi seperti  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang telah mencapai angka 72, dengan rata-rata capaian IPM tahunannya sebesar 1,6 poin. Kemudian Indeks Kesehatan (IK), angka harapan hidup penduduk telah mencapai 67,83 tahun, walaupun masih dibawah proyeksi nasional yaitu 68,23 tahun. Sedang untuk Indeks Daya Beli Masyarakat, dalam setahun terakhir juga mengalami peningkatan yang cukup berarti.

--foto2--Selain beberapa keberhasilan Plt Bupati juga mengungkapkan beberapa permasalahan penerapan Otda di Kukar. Dianataranya permasalahan umum yang dihadapi adalah masih lemahnya kapasitas kelembagaan  Daerah dan rednahnya mutu SDM. Padahal katanya kapasitas kelembagaan daerah  merupakan kunci bagi keberhasilan pelaksanaan Otda. Diharapkannya dengan adanya  tantangan ini, jajaran Pemkab Kukar bertekad untuk terus berupaya melakukan perbaikan serta penyempurnaan dengan beberapa pendekatan. ”Baik dari aspek kelembagaan, pada tatanan sistem maupun pada tingkatan personil,” demikian ujarnya.(hmp04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini76 pengunjung
Minggu Ini811 pengunjung
Bulan Ini3.832 pengunjung
Total Pengunjung26.706 pengunjung
Total Klik795.214 Kali