PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Disbunhut Bentuk Pola Kemitraan, Bina Masyarakat di Area IUPHHK/HT

Pemerintahan    3 tahun yang lalu   
   673 Kali

Sumber Foto: Rakor Perkebunan :Asisten I Setda Kukar H Chairil Anwar saat memimpin rapat terkait penanganan perambahan perkebunan kawasan hutan di Area IUPHHK-HA/HT. (foto Irwan)

TENGGARONG –Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait  penanganan perambahan kawasan hutan di Areal IUPHHK-HA/HT bersama pihak perusahaan perkebunan, Selasa (21/6) pagi di Ruang Rapat Sekda, Tenggarong.  Rapat dipimpin Asisten I Setda Kukar H Chairil Anwar.

Dikatakan Chairil Anwar pertemuan tersebut membahas berbagai persoalan termasuk perambahan kawasan hutan di area IUPHHK/HT yang dilakukan masyarakat. “Rakor ini untuk menyamakan persepsi dan mencocokkan data, dalam hasil rekomendasi yang akan dibawa ke Kementerian Kehutanan RI, saya minta pihak perusahaan menyiapkan data-data pendukung guna pembahasan lebih lanjut di Bogor nanti,” katanya.  Selain itu kata Chairil juga untuk mengetahui sekaligus memetakan seberapa banyak masyarakat yang ada dalam kegiatan kawasan hutan. “Saya juga meminta agar masyarakat yang ada dalam kawasan hutan, khususnya dalam IUPHHK/HT dilibatkan dan bergandengan dalam pemanfaatan lahan melalui pendekatan kesejahteraan, sistem buffer zoneatau menyesuaikan kondisi lapangan,” katanya.

Tidak hanya itu, dalam kesimpulannya perlu dibangun pola kemitraan dengan tanaman kehidupan dalam bentuk binaan terhadap masyarakat lokal yang sudah eksisting area IUPHHK/HT. Kemudian terhadap tanaman masyarakat yang berupa sawit (jenis yang tidak termasuk dalam tanaman kehidupan) diserahkan untuk diberikan kesempatan selama 1 kali periode sampai akhir masa produksi. “Saya rasa ini perlu diberikan penghargaan kepada masyarakat yang mampu ikut serta dalam pencegahan perambahan dan kebakaran hutan. Apabila pendekatan telah dilakukan, maka terhadap pembukaan lahan baru akan dilakukan dengan pendekatan penegakan hukum,” ujarnya.

Dalam rapat itu juga dilakukan dialog dengan para perusahaan pemegang ijin, para camat seperti Camat Tabang, Kembang Janggut, Muara Kaman, Kenohan, Sebulu, Loa Kulu dan Samboja untuk mencegah perambahan lebih besar. Adapun perusahaan yang hadir PT. Barito Nusantara Indah, PT. MKP, PT. Belayan River Timber, PT. Melapit Timber, PT. ITCI Kartika Utama, PT. Jaya Timber. Kemudian PT. Beringin Mulya, PT Daya Maju Lestari, PT. Silva Rimba Lestari, PT. Inhutani Ampar, PT. Inhutani Makmur, PT. Silva Duta Lestari, dan PT. Sinar Mas Grup (SHJ,SRH, AAU). (hmp01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini19 pengunjung
Minggu Ini997 pengunjung
Bulan Ini3.791 pengunjung
Total Pengunjung27.627 pengunjung
Total Klik804.257 Kali