PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukuhkan Tim Reaksi Cepat

Pemerintahan    6 tahun yang lalu   
   1307 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Rita Widyasari saat mengukuhkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, Selasa (26/11) di Pendopo Wakil Bupati, Tenggarong. (hmp04)

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari secara resmi mengukuhkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana (PB) bentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, Selasa (26/11) di Pendopo Wakil Bupati, Tenggarong. Sebagai Ketua TRC PB H Darmansyah, Sekretaris Kepala Bidang Kedaruratan BPBD, dibantu beberapa anggota lainnya. Pengukuhan tersebut turut disaksikan Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf, Perwakilan BNPB Endang Suhendar, BPBD Provinsi Kaltim Agus Toni, Para Camat, Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Kukar.

Kepala BPBD Kukar H Darmansyah BA mengatakan penanganan kejadian maupun bencana selama ini, selalu menggerakkan Satgas PB yang terbagi menjadi dua yakni, untuk penanganan kebakaran yang dikerahkan adalah Satgas Pemadam Kebakaran yang di back up satgas SAR BPBD. Sedangkan untuk penanganan kejadian ataupun bencana lainnya maka dikerahkan adalah Satgas SAR BPBD. "BPBD masih memerlukan dukungan dari berbagai pihak agar dapat melaksanakan tugas dengan baik," kata Darmansyah.
Menurut Darmansyah yang juga Ketua TRC mengharapkan kepada semua SKPD agar dapat menjalin kerjasama terlebih koordinasi yang intensif mengingat penanganan bencana tidak dapat ditangani hanya oleh BPBD saja. "Inilah yang diharapkan semua SKPD selalu berkoordinasi, khususnya di tiap kecamatan bila terjadi bencana atau sebagainya dapat secepatnya di informasikan," ujarnya.
Tidak hanya itu, dia juga berharap kepada para camat agar menyampaikan informasi kejadian dan kebenaran data korban secara akurat serta kebutuhan mendesak dilapangan.

Bupati Kukar Rita Widyasari usai pengukuhan TRC mengharapkan agar menyiapkan mental mengingat tugas yang di emban adalah tugas mulia,  "Berikan fasilitas bagi para korban yang terkena bencana," katanya. Ditambahkan Rita agar semua anggota TRC selalu siap siaga dalam mengatasi semua bentuk bencana yang mungkin saja bisa terjadi. "TRC dituntut untuk bergerak cepat dan tepat tanpa mengenal hari libur dan jam kerja, cegah bencana sedini mungkin," harapnya. Dalam Surat Keputusan (SK) Bupati TRC mempunyai tugas diantaranya, melaksanakan kajian secara cepat dan tepat dilokasi bemcana dengan dengan mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan, sarana dan prasarana, gangguan pelayanan umum dan pemerintahan serta analisis sosial dan perlindungan sosial. (hmp04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini0 pengunjung
Minggu Ini615 pengunjung
Bulan Ini2.536 pengunjung
Total Pengunjung9.726 pengunjung
Total Klik205.099 Kali