PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

BPMPD Gelar Sosialisasi Perundang-Undangan Penanaman Modal

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   1349 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG – Agar tidak ada lagi kesimpang siuran dalam penerapan peraturan ataupun regulasi tentang penanaman modal di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), baik antara aparat kabupaten, kecamatan, mupun tingkat perusahaan selaku pemakai jasa pelayanan perijinan penanaman modal. Untuk itu,  Badan Penanaman Modal & Promosi Daerah (BPMPD) Kukar, berinisiatif untuk menggelar sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Penanaman Modal, dengan tema Melalui Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Penanaman Modal Kita Tingkatkan Pelayanan Prima dalam Memberikan Jamina Kepastian Hukum Dibidang Penanaman Modal Sesuai Gerbang Raja, yang dipusatkan di Balai Pertemuan Lasqi Kecamatan Tenggarong Seberang, beberapa waktu lalu.
 
Panitia Penyelenggara Akhmad Maisyarah mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 3 (tiga) wilayah, yaitu wilayah hulu dipusatkan di kecamatan Kota Bangun, wilayah tengah dikecamatan Tenggarong Seberang, sedangkan untuk wilayah pesisir dilaksanakan di Kecamatan Loa Janan. Sosialisasi yang digelar di Kecamatan Tenggarong Seberang diikuti 30 peserta, dengan menghadirkan narasumber Dharmawansyah HR dari BPPMD Provinsi Kaltim, dan M Irsyad dari BPMPD Kukar dengan materi yang disajikan antara lain Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 Ttg. Penanaman Modal, Perpres 27 Tahun 2009, Perka 11,12,13,14 BKPM, dan Perbup 13 tahun 2011. “Sosialisasi ini merupakan yang kedua kali dilaksankan, setelah beberapa waktu lalu, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di kecamatan Kota Bangun. Sedangkan untuk kecamatan di wilayah pesisir akan digelar pada tanggal 2 Nopember mendatang,” kata Akhmad Misyarah.
 
Sementara itu, Plt Kepala BPMPD Kukar Hj Saedah mengharapkan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman dan pedoman bagi aparat kecamatan, mengenai peraturan / regulasi yang berlaku dibidang penanaman modal, agar dalam melakukan pelayanan kepada pelaku usaha (PMDN/PMA), mampu  menerapkan standar prima,  maksimal, efektif dan efisien dan yang tidak kalah penting adalah memiliki dasar hukum yang kuat dan benar. “Untuk Pelaku Usaha (PMDN/PMA), sosialisasi ini dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan proses penanaman modal diwilayah Kukar,” kata Hj Saedah
 
Melalui sosilialisasi tersebut, Ia juga berkeinginan agar  diwilayah Kukar tidak ada lagi kesimpang siuran dalam penerapan peraturan / regulasi tentang penanaman modal. Sehingga penerapannya dilapangan,  baik untuk aparat kabupaten dan kecamatan sudah dalam satu suara, yaitu sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dengan demikian tentunya akan memudahkan para investor atau perusahaan selaku pemakai jasa pelayanan perijinan penanaman modal, dalam mengurus perijinannya di Kukar. Ia mengingatkan agar perusahaan yang akan berinvestasi maupun yang sudah berinvestasi di Kukar, untuk memanfaatkan secara maksimal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ada di BPMPD Kukar. Adapun pelayanan bidang Penanaman Modal yang dilayani antara lain HO, IMB, Ijin Prinsip PMDN, Ijin Usaha PMDN, sedangkan Ijin Prinsip dan Ijin Usaha PMA masih dikeluarkan oleh pemerintah pusat mengingat PTSP kabupaten masih berstatus bintang dua. “BPMPD Kukar akan berusaha,  agar suatu saat PTSP yang ada bisa secara penuh mengeluarkan ijin ketika statusnya sudah menjadi bintang Lima,” ungkap Hj Saedah lagi (hmp02)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini12 pengunjung
Minggu Ini947 pengunjung
Bulan Ini3.634 pengunjung
Total Pengunjung13.210 pengunjung
Total Klik334.436 Kali