PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab Kukar Serius Percepat Kembangkan Jagung Hibrida

Pemerintahan Kukar    3 minggu yang lalu   
Administrator    20 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah saat diterima oleh Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia terkait lahan yang akan dikembangkan untuk jangung hibrida oleh investor.

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) serius melakukan percepatan pembangunan sektor pertanian dalam rati luas. Hal itu ditunjukkan dengan membuka lebar investasi disektor pertanian dalam arti luas khususnya jagung hibrida.

Untuk itu, Bupati Kukar Edi Damansyah melakukan audiensi dengan Badan Koordinasi Penerimaan Modal (BKPM) RI, Jumat (28/2).
 
Dalam pertemuan tersebut Edi Damansyah didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kukar Bambang Arwanto, beserta Investor dan owner PT Megah Utama Mentari Sri Dato' Alex Chen Kooi Chiew. Mereka diterima oleh Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia di ruang rapatnya.

Pada kesempatan itu, Edi berharap agar permohonan izin oleh PT Megah Utama Mentari yang akan melakukan investasi perkebunan dan industri pengolahan jagung hibrida di Kukar, dengan rencana investasi mencapai Rp 300 milyar pada lahan Hak Pengelolaan (HPL) kurang lebih 5.078 hektar, bisa mendapatkan jawaban pasti.

Sebelumnya PT Megah Utama Mentari juga telah memiliki usaha perkebunan kelapa sawit di Kukar melalui PT Maju Kalimantan Hadapan.

"Kami ingin kejelasan secepatnya tentang status HPL bisa diberikan untuk investasi inti, sehingga bisa dikelola dengan cepat oleh investor," katanya.

Edi juga mengungkapkan lahan yang ada tidak ingin dibeli oleh pihak investor namun lahan yang ada dikelola oleh masyarakat sekitar. Investor memberikan modal pihak masyarakat mengelolanya, sehingga hasil yang ada nanti bisa memberikan multiplier effect (dampak pengganda)  bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Penanaman jagung ini nantinya bisa dikelola dengan pola kemitraan dan kami harap wujud kemitraan ini bisa terwujud secepatnya," harapnya.

Sementara Bahlil Lahadalia mengatakan tentang hal tersebut akan diadakan pertemuan kembali dengan pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama pihak terkait secepatnya.

"Ini harus kita lakukan secepatnya dan saya minta secepatnya untuk disampaikan kepada pihak kementerian, nantinya bahwa pihak investor dan masyarakat hanya status melakukan pengelolaan atas tanah yang dimohonkan sedangkan status tanah tidak berubah," ujarnya.

Bahlil juga menginginkan hal tersebut segera dapat diselesaikan, sebab menyangkut kepentingan masyarakat dan dapat meningkatkan pendapatan Kabupaten Kukar.(Dokpim06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini13 pengunjung
Minggu Ini846 pengunjung
Bulan Ini4.005 pengunjung
Total Pengunjung18.901 pengunjung
Total Klik489.653 Kali