PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Keluarkan Edaran, Bupati Imbau Masyarakat Tenang

Pemerintahan Kukar    1 minggu yang lalu   
Administrator    11 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar Sunggono saat menggelar rapat bersama Forkopimda serta kepala OPD dilingkungan Pemkab Kukar terkait Virus Corona. (Foto: Irwan)

TENGGARONG - Menindaklanjuti arahan Presiden RI, Joko Widodo terkait penanganan Virus Corona, serta Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/199/2020 tentaang Komunikasi Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) tanggal 12 Maret 2020. Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) telah menggelar Rapat Kesiapsiagaan dalam Penanganan dan Penularan Covid-19 di Kukar yang dipimpin Sekda Kukar H Sunggono, berlangsung di RSUD AM Parikesit, Tenggarong, Senin (16/3).

Usai memimpin Rapat, Sekda Kukar Sunggono didampingi Kepala Dinas Kesehatan yang juga Plt Direktur RSUD AM Parikesit Tenggarong dr Martina Yulianti dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar (Forkopimda) menggelar konfrensi pers di depan awak media.

Sunggono mengatakan Pemkab Kukar melakukan langkah-langkah kebijakan sebagaimana arahan Presiden RI, salah satunya dengan membentuk Gugus Tugas yang dinamakan Tim Cegah Tangkal Penanganan Covid-19, sesuai Pasal 11 Kepres Nomor 7/2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Tanggal 13 Maret 2020.

“Status Kukar saat ini berdasarkan data terakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan status Siaga,” tegas Sunggono.

Kemudian Bupati Kukar Edi Damansyah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: B- 1563/DINKES/065.11/03/2020 Tentang Pemberian Informasi Kewaspadaan Penangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kutai Kartanegara memuat 13 poin penting. Diantaranya, mengimbau agar seluruh masyarakat tetap tenang dan senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta meningkatkan kewaspadaan diri dengan menerapkan Prilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) diberbagai tempat, lebih banyak beraktifitas di dalam rumah serta menghindari tempat-tempat keramaian (pusat perbelanjaan, pasar, tempat wisata, dll) untuk mencegah penularan COVID-19.

Kemudian, kegiatan yang diadakan organisasi kemasyarakatan/keagamaan diberikan ijin secara terbatas dengan persyaratan Panitia wajib memastikan bahwa diantara peserta tidak sedang sakit demam/flu/batuk dengan menggunakan alat deteksi suhu tubuh (thermal detector), menyediakan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) dan tidak saling bersentuhan langsung/berjabat tangan/menjaga jarak social (social distancing) yang akan berpotensi menyebabkan penularan COVID-19.

Poin pentingnya juga, memberlakukan pembelajaran dari rumah bagi peserta didik pada satuan pendidikan di bawah kewenangan Pemkab Kukar (PAUD/TK, SD, SMP, Madrasah, Pondok Pesantren) dan mengimbau lembaga pendidikan lainnya memberlakukan hal yang sama untuk 14 (empat belas) hari kedepan mulai tanggal 17 Maret 2020 dan akan di evaluasi kembali dengan melihat perkembangan kasus COVID-19. Selama pemberlakukan pembelajaran di rumah peserta didik dilarang mengunjungi tempat-tempat keramaian dan tidak melakukan perjalanan tidak penting.

Menginstruksikan kepada Kades/Lurah dan RT agar melaksanakan pemantauan terhadap pendatang yang berasal dari daerah terjangkit di wilayahnya dan mengkoordinasikan kepada fasilitas kesehatan terdekat serta pemantauan/pembatasan aktivitas masyarakat yang bersifat keramaian/mengumpulkan massa.

Seluruh masyarakat Kukar yang sakit demam/flu/batuk untuk beristirahat di rumah dan segera menghubungi petugas kesehatan jika menunjukkan adanya gejala COVID-19 melalui Hotline 082251171009.

Serta mengimbau kepada pengurus Masjid/Mushola untuk tidak menggunakan ambal/karpet serta tidak menyediakan sarung, mukenah dan sajadah. Menghimbau masyarakat agar tidak mudah terprovokasi pada berita-berita/informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. (dokpim1)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini14 pengunjung
Minggu Ini847 pengunjung
Bulan Ini4.006 pengunjung
Total Pengunjung18.902 pengunjung
Total Klik489.666 Kali