PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Cegah Corona, Sekda Usulkan Pembatasan Pelabuhan Pintu Masuk Kaltim

Pemerintahan 2020    2 minggu yang lalu   
Administrator    12 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar H SUnggono saat menyampaikan usulannya pada rapat koordinasi kesiapsiagaan mengantisipasi Novel Corona Virus (NCoV), di ruang Ruhui Rahayu kantor Gubernur Kaltim, Samarinda.

TENGGARONG - Guna mencegah masuknya virus corona, Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono mengusulkan agar pelabuhan laut yang menjadi pintu masuk internasional di wilayah Kaltim untuk sementara dilakukan pembatasan terhadap masuknya kapal dari luar.

Usulan tersebut disampaikannya saat menghadiri rapat koordinasi kesiapsiagaan mengantisipasi Novel Corona Virus (NCoV), di ruang Ruhui Rahayu kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, pengujung pekan tadi. Rapat tersebut dipimpin Plt Sekretaris Provinsi Kaltim,  Muhammad Sa'bani dengan menghadirkan narasumber dari, Kemenkes RI Robert Mayson Saragih, Dinkes Kaltim Andi M Ishak, dan Kepala Biro Kesra Pemprov Kaltim.

Hal tersebut menurut Sunggono karena mengingat wilayah Kaltim sangat terbuka dan terbatasnya sumber daya yang memungkinkan untuk mendeteksi secara rinci setiap pendatang dari negara terjangkit virus tersebut.

"Untuk sementara ada baiknya kita membatasi secara ketat masuknya kapal dari luar negeri ke wilayah perairan Kaltim," ujarnya.

Untuk diketahui sebelumnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit telah mendapat pasien Warga Negara Asing asal Malaysia, pria berusia 39 tahun itu dirawat di ruang isolasi sejak Selasa (4/2) malam. Pasien tersebut dirujuk langsung oleh klinik kesehatan yang berasal dari Sebuah perusahaan sawit di Kecamatan Kembang Janggut.

Dari hasil observasi sesuai dengan pedoman yang ada, Plt Direktur RSUD AM Parikesit dr Martina Yulianti mengatakan pasien ditetapkan ke dalam kategori pemantauan.

"Masyarakat jangan resah, pasien tersebut masuk kategori pemantauan. Kami akan terus melakukan tindakan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Kami juga selalu berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten, Dinas Kesehatan Provinsi, hingga Kementerian Kesehatan. Kondisi pasien tersebut juga semakin membaik," ujar Martina.

RSUD AM Parikesit telah membentuk Tim serta menyiapkan ruang isolasi khusus bila terdapat pasien yang diduga terpapar virus corona.

dr Martina Yulianti mengatakan, terkait beredarnya virus corona yang menjadi perhatian dunia, Kementrian Kesehatan sudah mengantisipasi dengan memberikan edaran dan pedoman terhadap pencegahan dan penanganan virus corona.

"Karena RSUD AM Parikesit merupakan fasilitas kesehatan terbesar di Kukar dan juga rumah sakit rujukan regional tentunya telah mempersiapkan diri jika ada pasien yang terdeteksi terkena virus corona," katanya. (dokpim05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini43 pengunjung
Minggu Ini1.018 pengunjung
Bulan Ini3.976 pengunjung
Total Pengunjung14.939 pengunjung
Total Klik388.032 Kali