PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Desa Gas Alam 1 Tuan Rumah Pencanangan HKG PKK - Kesehatan Kaltim

Pemberdayaan Perempuan    1 bulan yang lalu   
   87 Kali

Sumber Foto: Pemukulan gong tanda diresmikan pencanangan HKGPKK- KKBPK Kesehatan ke 47

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara Edy Damansyah mewakili Gubernur Kaltim membuka Pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan ke- 47  tingkat Provinsi Kaltim 2019, di Kampung KB desa Gas Alam Badak 1 Kecamatan Muara Badak yang ditandai dengan pemukulan gong, Selasa (22/10).

Gubernur Kaltim Isran Noor dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Edy Damansyah menyampaikan, pencanangan HKG PKK dan KB kesehatan merupakan momentum meningkatkan partisipasi keluarga dan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan KB, IVA Test, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), lingkungan bersih dan sehat serta pelayanan kesehatan.  
"Sekaligus merupakan langkah sinergis lintas stakeholders dalam meningkatkan capaian pembangunan, khususnya program TP PKK di bidang kesehatan dan bidang keluarga berencana melalui pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Diharapkan kegiatan itu tidak sekedar untuk kemeriahan sesaat akan tetapi lebih memberikan makna terhadap karya nyata yang sudah dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, selain itu kegiatan pencanangan HKG PKK-KKBP-Kes memberikan motivasi dan semangat kepada para kader PKK, penyuluh lapangan Keluarga Berencana (PLKB) agar bekerja optimal aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yakni melayani kepentingan masyarakat.

Pemerintah Kaltim dan Kukar mengajak kepada semua pihak, aparat pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mensukseskan gerakan PKK-KKBPK dan kesehatan khususnya dalam mendukung masyarakat yang sehat dan sejahtera. Khusus kepada tim penggerak PKK, agar memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi berkelanjutan kepada para kader.

“Dua anak cukup, bahagia sejahtera , laki dan perempuan jangan dibedakan,“ ujarnya mengakhiri sambutan.

Sementara Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Damansyah mengatakan, tujuan khusus dilaksanakan kegiatan ini  antara lain, memantapkan peran kelembagaan dan 10 program pokok PKK, khususnya di bidang KB dan kesehatan, meningkatkan peran serta masyarakat dan lintas  sector dalam rangka revitalisasi Posyandu dan program KKBPK – kesehatan lainnya, meningkatkan gerakan masyarakat  hidup sehat (Germas), melaksanakan lomba pelaksanaan terbaik kesatuan gerak PKK-KKBPK kesehatan, pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga, lingkungan bersih sehat serta pelaksana terbaik Posyandu mulai desa / kelurahan, kecamatan/kota, provinsi dan nasional.

"Melalui kegiatan ini nantinya akan ditindak lanjuti masalah mendesak diantaranya revitalisasi bina keluarga balita, penanganan stunting dan gizi buruk yang dihadiri kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari Tim Penggerak PKK Provinsi, Tim Penggerak PKK kabupetan/kota Se-kaltim, Tim penggerak PKK  Desa / kelurahan se Kukar," ujarnya.

Acara ditandai juga dengan penyerahan beberapa hadiah pemenang lomba tingkat desa dan kecamatan serta  penyerahan akta kelahiran dan Kartu Induk Anak (KIA) serta dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran UKM, Posko Posko KB serta pemeriksaan IVA Test dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim.

Hadir dalam  acara tersebut Bupati dan Walikota Se-Kaltim, kepala Dinas, badan dan Kantor dilingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim, Forum koordinasi Pimpinan Pemeriintah Kukar, Kepala Dinas instansi Kukar, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltim Norbaiti Isran Noor , Wakil Ketua TP PKK Kaltim Erni Makmur Hadi Mulyadi, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo, Ketua BKKBN Kaltim Ely Kusnaeli, para ketua Tim Penggerak PKK kabupaten dan Kota Se Kaltim, para Camat se-Kukar serta sejumlah dinas intansi terkait lainnya.(Medsi 04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini76 pengunjung
Minggu Ini619 pengunjung
Bulan Ini2.620 pengunjung
Total Pengunjung6.469 pengunjung
Total Klik68.632 Kali