PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Situs Sumur Minyak 1897 Jadi Tujuan Wisata Baru di Sangasanga

Objek Wisata    5 bulan yang lalu   
Administrator    93 Kali

Sumber Foto: Wagub Kaltim Hadi Mulyadi bersama Bupati Kukar Edi Damansyah

TENGGARONG – Terkenal akan kekayaan sumberdaya alam minyak bumi yang dimanfaatkan sejak dulu, di kecamatan Sangasanga kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) banyak terdapat sumur tua bersejarah.

Salah satunya yaitu sumur minyak Loise Pertama 1897 Sangasanga, yang diresmikan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi didampingi Bupati Kukar Edi Damansyah sebagai Situs sejarah, awal pekan lalu.

Dalam peresmian itu, Hadi Mulyadi mengatakan bahwa situs sejarah penemuan ladang minyak pertama tersebut menjadi bagian sejarah yang tidak terpisahkan dari perjuangan peristiwa merah putih.

“Saya minta situs sejarah sumur minyak Loise pertama 1897 ini dipertahankan dan dipelihara dengan baik. Situs ini juga dapat menjadi tujuan wisata sejarah di Sangasanga,” kata Hadi Mulyadi.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah juga turut berharap dengan diresmikannya situs sejarah sumur minyak Loise pertama itu, dapat dijadikan sebagai obyek wisata baru di Sangasanga. Mengenalkan sejarah kepada generasi muda dengan tujuan mendidik, mengingat, mewariskan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam merebut dan menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Saya rasa, situs ini juga dapat dijadikan obyek wisata sejarah yang harus diketahui masyarakat luas, sebagai bagian dari perjuangan pahlawan merah putih mempertahankan kemerdekaan di Sangasanga,” harap Edi.

Untuk diketahui, sejarah telah mengabadikan peristiwa yang menelan banyak korban disebabkan oleh melimpahnya kekayaan bumi sangasanga meskipun kecil, namun penuh dengan sejarah.

Bahkan pada tahun 1889, mereka datang ke Sangasanga dibawah pimpinan Ir. Jh. Monten (Ahli pertambangan). Setelah melakukan penelitian dan eksplorasi diwilayah Sangasanga, akhirnya mereka menemukan ladang sumber minyak yang sangat besar di perut bumi Sangasanga.

Tepat pada tanggal 20 Pebruari 1897 untuk pertama kalinya, sumur minyak di Sangasanga menyemburkan minyak dengan derasnya. Sumur tersebut dikenal dengan sumur minyak Loise pertama. (dokpim01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini49 pengunjung
Minggu Ini1.523 pengunjung
Bulan Ini6.480 pengunjung
Total Pengunjung34.378 pengunjung
Total Klik912.769 Kali