PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Semarakkan Mecaq Undat Bupati Bagi Sepeda

Objek Wisata    7 bulan yang lalu   
   94 Kali

Sumber Foto: Edi Damansyah menyerahkan sepeda kepada masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Tukung di Desa Ritan Baru dan Tukung Ritan Kecamatan Tabang.

TENGGARONG -Guna memeriahkan upacara adat Mecaq Undat, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah berbagai sepeda kepada masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Tukung di Desa Ritan Baru dan Tukung Ritan Kecamatan Tabang. Bagi-bagi sepeda ini dilakukan usai membuka upacara Adat Mecaq Undat, akhir pekan tadi.

Edi Damansyah mengatakan bagi-bagi sepeda dalam acara pesta panen khas Dayak Kenyah dilakukan untuk memeriahkan serta ikut berbagi ungkapan sukacita dalam ikut serta terlibat langsung dalam merawat teradisi dan sekaligus melestarikan budaya daerah. “Kegiatan ini dilakukan murni karena ingin memeriahkan, menyemarakkan dan ingin berbagi kegembiraan bersama masyarakat dayak khususnya Di Desa Ritan Baru dan Tukung Ritan dan tidak ada unsur lain,” kata Edi.

Untuk membagikan sepeda tersebut, Bupati meminta kepada anak-anak sekolah tingkat SMP yang berani maju ke podium untuk berdampingan dengan dirinya. Kemudian, anak yang berani maju dengan berpakaian adat Kenyah lengkap tersebut ditanyai Edi nama-nama burung dan nama ikan yang ada di perairan desa setempat.

Edi pun sempat tersenyum dan heran ketika seorang anak menyebutkan nama salah satu ikan dalam bahasa daerah Dayak Kenyah, hal tersebut membuat para hadirin terhibur. Usai menjawab pertanyaan Bupati tentang nama burung dan ikan, anak tersebut lalu mendapakan sepeda dari Edi Damansyah.

Edi kemudian mengapresiasi kepada segenap tokoh adat dan masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Tukung di Desa Tukung Ritan dan Ritan Baru yang telah bahu membahu dan bergotong royong dalam menyelenggarakan kegiatan Upacara Adat Mecaq Undat yang tahun ini dikemas secara berbeda. “Saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang telah berpartisipasi bagi suksesnya acara ini,” ujarnya. (medsi02)*


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini76 pengunjung
Minggu Ini619 pengunjung
Bulan Ini2.620 pengunjung
Total Pengunjung6.469 pengunjung
Total Klik68.626 Kali