PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Hindari Kecelakaan, Edi Minta Dishub Awasi Penyeberangan Pangempang

Objek Wisata    1 tahun yang lalu   
   141 Kali

Sumber Foto: Plt Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Ketua DPRD Kukar Salehuddin S.Fil usai meninjau obyek wisata pantai Panrita Lopi, Pangempang Muara Badak.

TENGGARONG -Padatnya arus penyeberangan transportasi laut menuju obyek wisata Pangempang, Kecamatan Muara Badak, menjadi perhatian serius Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, mengingat ramainya pengunjung wisata terutama menyangkut keamanan penumpang di atas kapal. “Saya minta jajaran Dinas Perhubungan agar selalu aktif memberikan pembinaan dan pengawasan kepada para pelaku usaha penyeberangan wisata, terutama menyangkut keamanan dan keselamatan penumpang diatas kapal,” kata Edi Damansyah saat meninjau obyek wisata Pangempang di Muara Badak, Rabu (20/6/2018). 

Menurut Edi,  geliat perkembangan wisata di Kukar saat ini sudah mulai terasa disetiap obyek wisata salah satunya di pantai Pangempang seperti pantai Pelangi, Pantai Jingga, Pantai Mutiara Indah, Pantai Panrita Lopi dan Pantai Kurma. Bahkan, semua obyek tersebut tidak kalah menariknya dari wisata yang ada di Kalimantan Timur lainnya, diharapan  menjadi primadona dan ramai dikunjungi para pengunjung, terlebih pasca libur lebaran dan liburnya anak-anak sekolah. 

“Potensi obyek wisata yang ada di Pangempang ini sangat luar biasa, dan kedepan perlu ditata kembali agar lebih bagus dan semakin menambah kunjungan wisata ke Muara Badak,” kata Edi didampingi Ketua DPRD Kukar Salehuddin S Fil dan Kadishub Kukar Sunggono. Bahkan kata Edi pantai Pangempang sendiri memiliki potensi keindahan terumbu karang yang sangat menarik dan menjadi sektor pariwisata bawah air menarik dikunjungi.  

“Kedepan, pemkab Kukar bersama pihak terkait akan mempersiapkan beberapa pengaturan seperti tahap zonasi kawasan terumbu karang yang harus ditetapkan Pemprov, bahwa ini kawasan maritim dengan potensi terumbu karang sehingga bisa dirawat dengan baik oleh TNI AL, Komunitas hingga perhimpunan penyelam,” katanya. Dengan potensi pariwisata pantai dan terumbu karang, diharapkan Edi akan menjadi lokasi wisata divingnya warga Kaltim, selain gugusan kepulauan di Berau seperti Derawan.

Adanya spot wisata di Pangempang tambah Edi, berpotensi mendapatkan PAD karena selain memiliki Pantai Pelangi (Aset Pemkab) seluas 30 hektar, Pemkab juga bisa mendapatkan PAD sektor parkir dan lain-lainnya. "Untuk PAD itu ada, tapi kami belum menggenjot kesana, tapi bagaimana kita mendorong perkembangan pantai di Pangempang," bebernya.

Namun ada beberapa hal harus diatur kembali, tambah Edi, seperti keselamatan penyeberangan oleh Dishub Kukar. Sedangkan untuk aset jalan Pemkab berkomitmen akan memprioritaskan. "Mudahan kondisi keuangan membaik sehingga bisa diperbaiki infrastrukturnya,". Ungkap Edi Damansyah. (Margini S Prasetya-Medsi01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini23 pengunjung
Minggu Ini964 pengunjung
Bulan Ini3.895 pengunjung
Total Pengunjung14.310 pengunjung
Total Klik382.403 Kali