PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Edi Dorong Wisata Diving di Pantai Pengempang Muara Badak

Objek Wisata    1 tahun yang lalu   
   500 Kali

Sumber Foto: Plt Bupati Kukar Edi Damansyah usai diving di Pangempang melakukan diskusi bersama masyarakat dan pelaku usaha wisata di Pantai Panrita Lopi.

TENGGARONG -Pertumbuhan pariwisata Pulau Pangempang, Kelurahan Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar) semakin ramai dikunjungi pengunjung terlebih ditengah masa libur sekolah dan pasca lebaran. Muara Badak memiliki  lima pantai wisata di Pulau Pangempang, yaitu Pantai Pelangi, Pantai Jingga, Pantai Mutiara Indah, Pantai Panrita Lopi dan Pantai Kurma, yang menyajikan pantai dengan air laut jernih, juga memiliki terumbu karang yang berpotensi menjadi sektor pariwisata bawah air di Kukar.  

"Saya sudah meninjau dan merasakan pertama kalainya diving (menyelam) dan ternyata disana ada potensi yang sangat besar bagi pariwisata," kata Plt Bupati Kukar Edi Damansyah usai roadshow ke Muara Badak, Rabu (20/8//2018). Usai melaksanakan diving, Plt Bupati didampingi Ketua DPRD Salehuddin, Kadishub Kukar Sunggono dan Camat Muara Badak Arfan melakukan diskusi dengan warga setemat dan pelaku usaha di Pantai Panrita Lopi. "Selama ini hanya dengar cerita, setelah nyelam walaupun belum jauh tapi sudah lihat potensi besar di Pantai Pagempang," kata Edi. 

Kedepan, kata Edi Damansyah, Pemkab bersama pihak terkait akan mempersiapkan beberapa pengaturan seperti tahap zonasi kawasan terumbu karang yang harus ditetapkan Pemprov, bahwa ini kawasan maritim dengan potensi terumbu karang sehingga bisa dirawat dengan baik oleh TNI AL, Komunitas hingga perhimpunan penyelam. "Ini potensi sudah bisa ditingkatkan dan dipromosikan," ujarnya.  

Dengan potensi pariwisata pantai dan terumbu karang diharapkan menjadi lokasi wisata diving warga Kaltim, selain gugusan kepulauan di Berau seperti Derawan, terlebih dengan aktifnya bandara APT Pranoto Samarinda yang dekat dengan Muara Badak. Pemkab, tambah Edi, juga berpotensi mendapatkan PAD karena selain memiliki Pantai Pelangi (Aset Pemkab) seluas 30 hektar, Pemkab juga bisa mendapatkan PAD sektor parkir dan lain-lainnya. 

"Untuk PAD itu ada, tapi kami belum menggenjot kesana, tapi bagaimana kita mendorong perkembangan pantai di Pangempang," bebernya. Namun ada beberapa hal harus diatur kembali, tambah Edi, seperti keselamatan penyeberangan oleh Dishub Kukar. Sedangkan untuk aset jalan Pemkab berkomitmen akan memprioritaskan. "Mudahan kondisi keuangan membaik sehingga bisa diperbaiki infrastrukturnya,". Ungkap Edi Damansyah. (Medsi01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini113 pengunjung
Minggu Ini1.032 pengunjung
Bulan Ini3.897 pengunjung
Total Pengunjung14.230 pengunjung
Total Klik381.548 Kali