PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Edi Dorong Kembangkan Wisata Danau Semayang

Objek Wisata    1 tahun yang lalu   
   285 Kali

Sumber Foto: Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau desa Pela dan menyaksikan eksotis Danau Semayang.

TENGGARONG -Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini sedang fokus memberikan perhatian serius terhadap perkembangan obyek wisata, tidak hanya diwilayah pesisir pantai seperti Pantai Pangempang Muara Badak, melainkan juga obyek wisata yang berada di wilayah pedalaman sungai Mahakam yang juga menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Eksotis Danau Semayang yang berada di Desa Pela, Kecamatan kota Bangun. “Potensi wisata Pela ini sangat menarik untuk dikunjungi, saya merasakan keindahan eksotis danau Semayang dan panorama sunset yang mempesona,” kesan Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat mengunjungi obyek wisata Pela, Senin (18/6/2018).

Diakui Edi Damansyah, potensi wisata yang ada diseluruh kecamatan Kukar menjadi perhatian serius pemerintah daerah, terutama terhadap pengembangan destinasi (tujuan) wisata yang menjanjikan. “Secara bertahap akan dilakukan pemetaan wilayah yang berpotensi menjadi wilayah wisata. Tentunya melibatkan semua unsur mulai dari dunia usaha, akademisi, pecinta wisata dan lainnya, sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat sekitar dan menjadi pundi-pundi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” katanya.  

Bahkan di desa Pela sendiri Edi Damansyah didampingi Dandim 0906/Tgr Letkol Czi Bayu Kurniawan serta Komunitas RTR (Ready Trail Refresing) menyaksikan langsung atraksi kreatifitas pemuda Pela yang memanfaatkan alam sungai Mahakam untuk memainkan ski air dengan menyusuri tepi Danau Semayang, ditarik menggunakan perahu cas menghasilkan gelombang sungai yang mampu membuat ski air melaju kencang diatas permukaan air Mahakam.     

Tidak mau ketinggalan, Edi Damansyah juga sempat menjajal bermain ski air hasil kreasi pemuda pela yang peralatan ski nya terbuat dari bahan kayu. “Di danau inilah kita temukan kreatifitas pemuda yang tak habis ide dengan membuat  papan selancar dari bahan kayu yang unik dan menarik. Saya menyakini potensi wisata yang ada di Pela ini semakin membuat desa Pela terkenal,” ujarnya.

Setelah menyaksikan atraksi ski air dan panorama alam danau Semayang, Edi Damansyah bersama rombongan melakukan silaturahmi lebaran bersama warga setempat. Bahkan dari silaturahmi itu juga dilakukan diskusi terkait pengembangan destinasi wisata serta potensi perikanan yang berlimpah dengan menawarkan wisata kuliner olahan hasil tangkapan nelayan setempat.

“Masih banyak potensi yang perlu terus didorong untuk diperkenalkan ke khalayak, termasuk wisata kuliner serba ikan yang merupakan hasil tangkapan nelayan. Saya juga mengapresiasi atas ide pemuda Pela yang sudah mampu mengenalkan potensi wisatanya ke pengunjung. Mudah-mudahan eksotis dan sunset danau Semayang  ini menjadi daya tarik  tersendiri bagi wisatawan, sehingga berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat setempat,”.  Jelasnya. (Margini S Prasetya-Medsi01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini19 pengunjung
Minggu Ini718 pengunjung
Bulan Ini3.800 pengunjung
Total Pengunjung26.543 pengunjung
Total Klik786.280 Kali