PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Ingin Mecaq Undat Masuk Agenda Nasional

Objek Wisata    7 bulan yang lalu   
   156 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar saat bersama warga masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Tukung di Desa Ritan Baru dan Tukung Ritan, kecamatan Tabang pada upacara adat Mecaq Undat.

TENGGARONG –Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah berharap upacara adat Mecaq Undat yang merupakan adat tradisi turun temurun masyarakat Dayak Kenyah bisa masuk kalender provinsi dan nasional. Sejauh ini, menurutnya warisan budaya Indonesia dari Kabupaten Kukar yang sudah dikenal baik nasional maupun mancanegara adalah Erau, tarian Hudoq dan kerajinan Ulap Doyo.

“Saya meminta kepada Dinas Pariwisata agar Mecaq Undat ini dapat didaftarkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dipenuhi persayaratannya, sehingga bisa ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia dari Kalimantan Timur,” Kata Edi Damansyah dihadapat tokoh adat Kecamatan Tabang, Jumat (3/5/2019) lalu. .

Menurutnya pelestarian tradisi dan kearifan lokal seperti Mecaq Undat ini, dapat menjadi atraksi budaya yang diminati oleh wisatawan. Maka untuk menjadi daya tarik wisata budaya yang berdaya saing, pelayanan kepariwisataan menjadi indikator utamanya, termasuk peningkatan jalan menuju Kecamatan Tabang.

“Selain penguatan pelayanan jasa pariwisata dan atraksi wisata desa lainnya. Pemerintah Kukar akan terus memperjuangkan perbaikan akses jalan menuju Kecamatan Tabang, salah satunya dengan menggerakkan dan melibatkan perusahaan-perusahan yang beroperasi di wilayah Tabang,”ujar Edi. “Saya sudah menugaskan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk melakukan koordinasi dengan perusahaan, terkait dengan situasi terkini akses jalan menuju Tabang ini,” katanya lagi. (medsi02)*


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Publik

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://humas.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini6 pengunjung
Minggu Ini549 pengunjung
Bulan Ini2.550 pengunjung
Total Pengunjung6.399 pengunjung
Total Klik67.315 Kali